Loh.. Loh.. Ruhut Sitompul Salahkan Pembuat Meme Anies, Malah Minta Ditindak Lagi

Loh.. Loh.. Ruhut Sitompul Salahkan Pembuat Meme Anies, Malah Minta Ditindak Lagi Kredit Foto: Instagram/Ruhut Sitompul

Politikus PDIP, Ruhut Sitompul terus berkelit mengenai isu rasialisme yang dituduhkan padanya. Isu ini muncul seusai Ruhut mengunggah foto editan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan pakaian adat suku di Papua.

Ruhut sendiri mengklaim tak tahu menahu dengan meme Anies yang diunggahnya tersebut. Ia justru menyalahkan pembuat meme, dan meminta polisi mengusut orang yang mengedit foto Anies tersebut.

Di sisi lain, Panglima Komandan Patriot Revolusi, Petrodes Mega Keliduan, selaku pelapor Ruhut Sitompul ke kepolisian mengaku tak ambil pusing dengan dalih Ruhut.

Baca Juga: Ruhut: Aku Dihujat Habis-habisan, Tapi Apa Mau Dikata, Yang Hujat Gak Tau Permasalahannya...

Petrodes memberi sinyal tak akan mencabut laporannya terhadap Ruhut atas kasus dugaan rasialisme. Sambil tertawa, Petrodes mengaku tak punya urusan dengan alasan Ruhut tersebut.

“Saya enggak ada urusan, mau siapa yang buat atau bagaimana. Yang saya tahu ada dua akun yang memunculkan itu (salah satunya Ruhut) dan itu dijadikan bahan,” ujar Petrodes dalam sebuah talkshow di televisi swasta seperti dikutip Suara.com, (13/5/2022).

Petrodes menegaskan tidak ada urusan dengan sentiment Ruhut terhadap Anies Baswedan. Dia mengaku hanya memikirkan masyarakat Papua dan keutuhan hidup berbangsa.

Baca Juga: Uji Tes Posting Foto Hoax Anies Pakai Koteka, Ruhut Sitompul Dinilai Memposisikan Diri Kayak Ade Armando

Petrodes khawatir situasi terkait Papua semakin memanas setelah adanya unggahan Ruhut yang cenderung berbau rasialisme tersebut. Apalagi dirinya sebagai anak Papua, telah menyaksikan situasi di Papua yang memanas karena demo.

“Sebagai anak Papua, saya takut, saya khawatir. Situasi kemarin baru saja panas (demo-demo di Papua). Jangan sampai ini (unggahan Ruhut) malah menuai hal yang tidak kita inginkan,” ujar Petrodes.

Dalam talkshow yang sama, Ruhut lagi-lagi berkelit dan justru meminta kepolisian menindak pembuat meme. Dia mengaku hanya meneruskan meme tersebut dari seorang follower-nya di media sosial.  

“Petrodes kau sudah benar, karena itu (membuat) tersinggung kan. Tolong ditelusuri siapa yang bikin (meme Anies) itu. Kepolisian, Mabes Polri. Saya kan hanya dapat (meme) aja, masuk ke tempat saya,” kilah politikus asal Medan tersebut.

Baca Juga: Ruhut Makin Tersudut, Gerindra Angkat Bicara Bela Anies: Polisi Jangan Kesannya Tumpul ke Atas Tajam ke Bawah!

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan mengatakan pihaknya telah menerima laporan dari Petrodes terkait kasus tuduhan rasialisme yang dilakukan Ruhut. 

Walau begitu, kepolisian belum menjelaskan lebih lanjut mengenai isi laporan dengan nomor LP LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 11 Mei 2022 tersebut. 

Ruhut sendiri dilaporkan dengan pasal UU ITE. Pasal itu adalah pelanggaran Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) Undang-Undang (UU) RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE). 

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini