Airlangga Diprediksi Capres Koalisi Bersatu, Siapa Cawapresnya?

Airlangga Diprediksi Capres Koalisi Bersatu, Siapa Cawapresnya? Kredit Foto: Aprillio Akbar

Koalisi Indonesia Bersatu yang diperkuat Golkar, PAN dan PPP diprediksi bakal mengusung Airlangga Hartarto sebagai calon presiden atau capres pada Pemilu 2024. Selain partai dengan perolehan suara terbesar di pemilu lalu, sulit ditawar bukan Airlangga yang diusung karena pencapresannya merupakan amanat Munas Golkar.

"Sejauh ini ya (capresnya) Airlangga," ujar pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno kepada wartawan, Sabtu 14 Mei 2022.

Soal calon wakil presiden (cawapres), Adi mengatakan segala kemungkinan bisa terjadi. Koalisi bisa saja mengusung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa sebagai pendamping Airlangga.

Adi yang juga Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) juga memprediksi Koalisi Indonesia Bersatu yang sejauh ini baru sebatas gagasan bakal permanen dan menjadi salah satu poros yang mencalonkan pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024. Salah satu indikatornya, ketiga petinggi partai terlihat memiliki kecocokan mulai dari visi, karakter dan latar belakang.

Baca Juga: Laporkan Ruhut Sitompul ke Polisi, Tokoh Muda Papua: Tidak Ada Urusan dengan Anies, Jokowi, Ini Urusan Kesakralan Adat Kami!

"Nanti pasti reaslistis di akhir. Tapi 65-70 persen kemungkinan permanen koalisinya," kata Adi sambil menambahkan saat ini Golkar, PAN dan PPP akan menyolidkan koalisi dengan kerja-kerja politik ke internal masing-masing.

Diketahui Golkar, PAN dan PPP sepakat membangun koalisi gagasan jelang Pemilu 2024 dengan nama Koalisi Indonesia Bersatu. Kesepakatan membangun koalisi terjalin usai tiga ketua umum dari tiga partai politik tersebut menggelar pertemuan di Rumah Heritage Jakarta, Kamis 12 Mei 2022.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini