Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Berikut Event yang Diselenggarakan Muskitnas Besok

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Berikut Event yang Diselenggarakan Muskitnas Besok Kredit Foto: muskitnas.net

Setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dilandasi oleh kesadaran rakyat Indonesia di kala itu.

Diperingati pada tanggal 20 Mei karena bertepatan dengan tanggal didirikannya organisasi bernama Boedi Oetomo, tepatnya pada tanggal 20 Mei 1908.

Boedi Oetomo merupakan organisasi pertama di tanah air yang bergerak dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah Belanda. organisasi ini dipelopori oleh dr Soetomo dan beberapa mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA).

Baca Juga: Peringati Hari Museum Internasional, Berikut Rekomendasi Museum yang Dapat Dikunjungi saat Liburan

Diketahui, penetapan Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei merupakan ide dari Ki Hajar Dewantara dan Radjiman Wedyodiningrat. ide itu pun disetujui oleh Presiden Soekarno.

Di tahun 2022 ini, Hari Kebangkitan Nasional mengangkat tema khusus, yakni "Ao Bangkit Bersama". Dalam memeringati hari jadi Harkitnas ke-114 tahun, tema ini diangkat untuk mengobarkan semangat bangkit rakyat Indonesia dan semangat memulihkan kondisi negara pasca dilanda pandemi Covid-19 selama dua tahun.

Dalam memeriahkan Haari Kebangkitan Nasional, Msem Kebangkitan Nasional berkolaborasi dengan Belantara Budaya Indoonesia akan mengadakan acara "Kebangkitan Festival Masa Bangkit Wastra dan Budaya".

Dilansi dari akun Instagram @muskitnasoffical, acara tesebut nantinya akan menampilkan 50 perempuan berkebaya dan berkonde dari beragam profesi dan usia yang dianalogikan sebagai Duta Kebangkitan Nasional.

Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 21 Mei 2022 pukul 13.30 WIB ini nantinya terdiri dari parade fashion show, pagelaran tari dan musik nasional, dan flashmob. Acara ini akan diselenggarakan di Museum Nasional yang berlokasi di Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No.26 Jakarta Pusat.

Nantinya, akan ada flashback memoritentang bagaimana cara berpakaian pelajar pada zaman masa Kolonial Belanda saat menempuh pendidikan. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan acara menarik ini.

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini