Akun Komunitas Katolik Garis Lucu Diduga Edit Foto UAS, Nicho Silalahi Minta Kapolri Bertindak: Bisa Sebabkan Konflik Agama!

Akun Komunitas Katolik Garis Lucu Diduga Edit Foto UAS, Nicho Silalahi Minta Kapolri Bertindak: Bisa Sebabkan Konflik Agama! Kredit Foto: Tangkapan Layar/Twitter

Aktivis Nicho Silalahi meminta Kapolri Listyo Sigit Prabowo menindak tegas akun twitter Komunitas Katolik Garis Lucu karena telah mengunggah foto mirip Ustadz Abdul Somad (UAS) yang diduga diedit mengenakan jas dan kemeja serba hitam.

Menurut Nicho, akun media sosial yang dapat mengundang konflik agama semestinya segera ditertibkan.

"Akun trigger kayak gini seharusnya ditertibkan Pak Listyo Sigit Prabowo karena kelakuannya bisa mengarahkan rakyat Indonesia masuk ke dalam konflik berbasis agama," tulis Nicho dalam akun twitternya, seperti dikutip Populis.id pada Senin (23/5/2022).

Dia memaparkan bahwa rakyat Indonesia sudah cukup lelah dengan konflik berbasis agama di masa lampau.

Baca Juga: UAS Harusnya Intropeksi Diri Gegara Ditolak Masuk Singapura, Eko Kuntadhi: Mereka Tidak Sendirian...

"Sudah cukup Poso dan Ambon yang merasakan pedihnya konflik tersebut, dan jangan lagi terulang di negeri ini," tegas Nicho.

Untuk diketahui, Indonesia pernah diterpa konflik berbasis agama, salah satunya konflik di Poso dan Ambon.

Konflik Poso terjadi sejak 25 Desember 1998 hingga 20 Desember 2001. Konflik ini bermula dari bentrokan kecil antarkelompok pemuda hingga menjalar menjadi kerusuhan bernuansa agama.

Melansir Kompas.comkonflik ini memakan 577 korban jiwa, 384 orang terluka, 7.932 rumah hancur, dan 510 fasilitas umum terbakar.

Baca Juga: Nggak Ada Ampun, UAS Blak-blakan Beberkan Ciri Komunis di Indonesia: Biasanya Mengejek Islam dan Ulama Pasti Keturunan PKI Itu

Sementara itu, konflik di Ambon juga mengarah pada sentimen agama yang melibatkan Islam dan Kristen, terjadi di tahun 2001.

Sebelumnya, akun twitter Komunitas Katolik Garis Lucu mengunggah sebuah foto mirip Ustadz Abdul Somad (UAS) yang diduga editan mengenakan jas dan kemeja serba hitam pada Senin (23/5), pukul 11.31 WIB.

Dalam unggahannya itu, akun Komunitas Katolik Garis Lucu mencuitkan "Berkah Dalem Romo." Namun, dilihat Populis.id, unggahan tersebut sudah dihapus oleh akun tersebut.

Baca Juga: Polemik Bendera LGBT, Nicho Silalahi Tantang Pemerintah Indonesia Bersikap Tegas Putus Hubungan Diplomatik dengan Inggris

Diketahui bahwa akun Komunitas Katolik Garis Lucu memang kerap mengunggah jokes-jokes yang berbau agama, seperti halnya akun media sosial NU Garis Lucu dan Muhammadiyah Garis Lucu.

Fenomena akun tersebut diketahui untuk menghilangkan ketegangan antar umat beragama dan mengubah perbedaan menjadi kelucuan bersama.

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini