Bukan Anggota Parpol, Nasib Anies Mirip dengan Jokowi di Tahun 2014?

Bukan Anggota Parpol, Nasib Anies Mirip dengan Jokowi di Tahun 2014? Kredit Foto: Twitter/@aniesbaswedan

Peneliti ahli utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro mengibaratkan nasib Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang bukan anggota partai politik mirip seperti kondisi Presiden Joko Widodo yang dipilih sebagai calon presiden (capres) Pilpres 2014.

Elite parpol lebih melihat figur yang bisa memenangkan Pilpres.

Siti menjelaskan, dulu Joko Widodo (Jokowi) juga bingung mencari partai yang betul-betul mau mengusungnya dalam Pilpres 2014.

Baca Juga: Pengamat Sebut Anies Akan Dilirik Partai Menengah di Pilpres Mendatang

“Sampai-sampai deklarasi dilakukan dalam waktu yang sudah mepet. Akhirnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengusung dan mendukungnya dengan berkoalisi dengan partai-partai politik lainnya,” ujar Siti dikutip dari Republika, Rabu (25/5/2022).

Saat ini, dia menambahkan, Parpol saling sedang menjajaki untuk membangun koalisi. Telah terbentuk koalisi Indonesia bersatu yang digawangi oleh Partai Golkar, PPP dan PAN.

Menurutnya, tak tertutup kemungkinan akan muncul pula koalisi-koalisi lainnya yang digawangi partai Nasdem, PKS dan Partai Demokrat. Koalisi ketiga Parpol ini yang paling berpeluang mengusung Anies.

Lihat Sumber Artikel di Fajar Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Fajar. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini