Novel Baswedan Cs Kunjungi Bea Cukai Tanjung Priok, Ada Apa?

Novel Baswedan Cs Kunjungi Bea Cukai Tanjung Priok, Ada Apa? Kredit Foto: Indrianto Eko Suwarso

Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Pencegahan Korupsi Polri memantau dan mengobservasi lapangan Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe A Tanjung Priok.

Pemantauan tersebut bertujuan untuk mendalami proses bisnis pemeriksaan barang serta penanganan tata kelola ekspor dan impor di pelabuhan peti kemas Tanjung Priok.

Baca Juga: Ogah Ungkap Metode Perburuan Harun Masiku, KPK: Sangat Riskan Jika...

KasubsatgasĀ Pencegahan KorupsiĀ Polri Giri Suprapdiono menjelaskan data 2021 menunjukan realisasi arus peti kemas yang melalui pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 6.750.302 twenty foot equivalent units (TEUs).

Angka tersebut dinilai memberikan kontribusi penerimaan negara dan bea cukai secara nasional yang cukup signifikan.

"Kunjungan ini sebagai rangkaian program kerja pencegahan korupsi di sektor ekspor dan impor untuk meningkatkan iklim bisnis yang beritegritas dalam rangka meningkatkan skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia," kata Giri, Senin (30/5).

Baca Juga: Di Hari Ke-6 Pencarian Eril, Ridwan Kamil Ganti Profil IG dan Bio

Bagi Satgasus yang dipimpin oleh Novel Baswedan itu, kegiatan pemantauan ini menjadi bagian penting dari perbaikan tata kelola ekspor dan impor untuk meningkatkan IPK Indonesia.

Hal itu sesuai dengan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat rapat bersama DPR pada 24 Januari 2022 lalu.

Pelaksanaan program kerja sama Polri dan Kementerian Keuangan ini diharapkan bisa mencegah peluang terjadinya korupsi pada kegiatan ekspor dan impor yang berimplikasi pada kemudahan berusaha, menurunnya korupsi, dan peningkatan penerimaan negara.

Baca Juga: Disenggol Soal Eril, Mbak Rara: Mau Pansos? Gak Sih Kan Aku Sudah Terkenal, Mungkin Banyak yang Kaget...

"Dalam kegiatan ini, tim melakukan observasi penggunaan mesin Xray (Gscan) untuk peti kemas, pengelolaan pelayanan satu pintu Customs cares, layanan prioritas, dan penanganan ekspor impor di pelabuhan lainnya," tandas Giri Suprapdiono.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan JPNN.com.

Terkait

Terkini

Populis Discover