Formula E Akan Berlangsung di Jakarta, Ini Sederetan Fakta Lengkapnya

Formula E Akan Berlangsung di Jakarta, Ini Sederetan Fakta Lengkapnya Kredit Foto: Instagram/@pakindro

Ajang balapan mobil listrik terhits atau yang biasa dikenal dengan Formula E akan digelar dalam waktu dekat ini, tepatnya pada tanggal 4 Juni 2022 mendatang.  

Sebelum digelar di Jakarta, Formula E sudah lebih dulu digelar di Berlin dan Formula E ini menggelar 16 seri. Formula E di Jakarta ini merupakan seri kesembilan dari ajang yang dinaungi Federasi Automobil Internasional (FIA) tersebut.

Bukan hanya sekedar balapan, Formula E ini memiliki tujuan tersirat yakni untuk mengampanyekan dan mengedukasi masyarakat untuk menggunakan mobil listrik yang ramah lingkungan.

Ajang balapan mobil ini akan diselenggarakan di sirkuit Ancol, Jakarta Utara. Nantinya pun akan disediakan bus transit dari JI-Expo menuju ke Ancol yang bisa digunakan oleh masyarakat umum. Lalu, apa saja fakta lengkap mengenai Formula E Jakarta? Baca selengkapnya di bawah ini! 

Jokowi Akan Hadir di Formula E Jakarta 

Kehadiran Jokowi dikonfirmasi langsung oleh Marsudiyanto, Kepala Biro Operasional Polda Metrro Jaya. Dipastikan Jokowi hadir langsung di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara untuk menonton balapan Formula E Jakarta 2022. 

Baca Juga: Dilarang Jual Bir dan Pasang Logo di Sirkuit Formula E, Heineken Malah Diizinkan Jualan Miras Pas Nobar Formula E di Mall Ashta, Astaga

Terkait kehadiran langsung Presiden Jokowi, pihaknya akan mengerahkan 1.700 personel untuk mengatur lalu lintas dan mengatur pengoperasian truk-truk besar di Ancol. Presiden Jokowi akan mendapatkan tempat VIP di Formula E Jakarta 2022. 

Memakan Biaya Hingga Rp 130 Milliar 

Melansir dari Antara, panitia penyelenggara Formula E Jakarta menyebutkan biaya pelaksanaan ajang balap mobil listrik itu mencapai kisaran Rp 120 miliar hingga Rp 130 miliar."Untuk aspalnya, kan sudah tahu hampir Rp 60 miliar, selebihnya pembangunan grandstand dan segala macamnya," kata Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni.

Pembangunan sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu dilaksanakan oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan anggaran mencapai Rp 60 miliar. Sirkuit itu memiliki 18 tikungan dengan bentuk menyerupai kuda lumping.

Bukan hanya itu, panitia juga membangun fasilitas pendukung yaitu panggung penonton, garasi pebalap (paddock) dan lain-lainnya. 

Akan Gunakan Pawang Hujan 

Akhir-akhir ini cuaca Indonesia sedang tidak menentu, saat pagi hari ini cerah dan terkadang sore hingga malam harinya hujan deras. Sehingga cuaca tidak dapat dipastikan akan hujan atau cerah pada saat berlangsung balapan mobil tersebut. 

Baca Juga: Teman Separtainya Nggak Mau Nonton Formula E, Politisi PSI Ini Ngaku Sudah Beli Tiket: Saya Ingin Menyaksikan Langsung dan Memberi Support

Antisipasi dari masalah ini adalah dengan menggunakan pawang hujan. Eksistensi pawang hujan sejak acara MotoGP memang menyedot perhatian publik, bukan hanya di Indonesia saja bahkan di luar negeri pun sempat ramai dibicarakan. 

Sahroni mengatakan, pihaknya akan mencari pawang hujan yang berada di sekitar lokasi sirkuit yakni Ancol, Jakarta Utara. Serta tidak menampik kemungkinan akan menggunakan Mba Rara sebagai pawang hujan dalam acara ini. 

Atap Tribun Penonton Roboh

Seperti yang diketahui, atap tribun penonton Formula E Jakarta roboh pada Jumat, 27 Mei 2022. Diduga penyebab robohnya karena faktor alam seperti kena hujan deras dan angin kencang. Hingga saat ini pun, atap tribun masih dalam proses perbaikan dan kemungkinan akan selesai dalam waktu singkat karena robohnya tidak parah dan tidak mengenai bagian yang lain. 

Di Sponsori Perusahaan Bir 

Sempat menjadi perbincangan hangat dan trending topik media sosial, perusahaan bir dengan merek Heineken menjadi sponsor acara internasional ini. 

Masuknya sponsor minuman non halal tersebut menjadi pro kontra di masyarakat. Banyak tokoh-tokoh ulama yang ikut berkomentar terkait hal ini. Namun sudah dipastikan, bahwa logo bir tidak akan ada di Formula E Jakarta. 

Melalui diskusi yang cukup panjang, akhir menemukan kesepakatan bahwa tidak akan menyematkan logo dalam Formula E Jakarta namun diganti dengan tagline "When You Drive, Never Drink". 

Baca Juga: Terduga Penghina Iriana Diusir hingga Diarak Warga Setempat, Apa Benar?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover