Siapa Itu Haryadi Suyuti? Eks Wali Kota Yogyakarta yang Terjaring OTT Kasus Suap

Siapa Itu Haryadi Suyuti? Eks Wali Kota Yogyakarta yang Terjaring OTT Kasus Suap Kredit Foto: ANTARA Foto

Belum lama ini dunia politik dihebohkan dengan operasi tangkap tangan (OTT) KPK yang menimpa eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti pada Kamis (2/6). Ia terjaring OTT dalam dugaan kasus suap pengurusan izin apartemen di Yogyakarta.

Dalam OTT tersebut, terdapat sembilan orang yang diamankan, salah satunya ialah Haryadi Suyuti. Saat ini KPK sedang dalam proses menumumkan status tersangka Haryadi Suyuti dan tiga orang lainnya dalam konferensi pers.

Lantas, siapa eks Wali Kota Yogyakarta yang menjabat selama dua periode berturut-turut tersebut?

Profil Haryadi Suyuti

Dikutip dari laman walikota.jogjakota.go.id Haryadi Suyuti lahir di Yogyakarta, 9 Februari 1964. Ia merupakan anak pertama dari pasangan Dr. HC. H. Zarkowi dan Hj. Yayah Maskiyah. Ayahnya pernah menjabat sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang, Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi (1997-1999), dan Duta Besar RRI untuk Kerjaan Suriah Arab. Sementara itu, Ibunya pernah menjadi DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Haryadi menempuh pendidikan sekolah dasar di SDN II IKIP Yogyakarta dan lulus di tahun 1976. Lalu ia melanjutkan pendidikannya di SMPN 5 Semarang dan lulus di tahun 1980. Pendidikan SMA-nya ia tempuh di SMAN 1 Yogyakarta dan lulus di tahun 1983.

Baca Juga: Siapa Itu Ade Yasin? Sosok Bupati Bogor yang Kena OTT KPK

Selanjutnya, Haryadi melanjutkan studi S-1 di Univesitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Administasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan lulus di tahun 1989.

Semasa menjadi mahasiswa, Haryadi aktif mengikuti organisasi. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Keluarga Mahasiswa Administrasi Negara FISIPOL UGM (1985-1987). 

Haryadi Suyuti memiliki dua anak dengan pasangannya, Hj. Tri Kirana Muslidatun, S.Psi. Anak pertamanya benama Karina Arifiani lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dan anak kedana bernama Kartika Zahra Salsabila.

Karier

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini