Wow! Seluruh Indonesia Sudah Level 1 PPKM, Kecuali Kabupaten Ini!

Wow! Seluruh Indonesia Sudah Level 1 PPKM, Kecuali Kabupaten Ini! Kredit Foto: Nyoman Hendra Wibowo

Pandemi covid-19 sudah mengalami perubahan signifikan yang cukup baik. Segala kondisi baik perekonomian, kesehatan, sosial mulai membaik secara perlahan-lahan. Meski begitu, Pemerintah tetap memperpanjang masa berlaku kebijakan PPKM (Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) hingga 4 Juli 2022 mendatang. 

Meski diperpanjang, seluruh wilayah Indonesia sudah berada di level 1 PPKM kecuali kabupaten ini yaitu kabupaten Teluk Bintani, Papua Barat yang masih berada di level 2. 

Keputusan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2022 untuk pengaturan PPKM di Jawa Bali dan Inmendagri Nomor 30 Tahun 2022 untuk pengaturan PPKM di Luar Jawa Bali, yang berlaku mulai 7 Juni 2022 hingga 4 Juli 2022.

"Kita patut bersyukur setelah lebih dari 2 tahun berjibaku dengan penanggulangan COVID-19, di perpanjangan Inmendagri kali ini kita lihat kondisinya semakin membaik. Seluruh daerah (128 kabupaten/kota) di Jawa-Bali berada di PPKM level 1," kata Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal lewat pesan elektronik, di Jakarta, Selasa yang dilansir dari antaranews. 

Sejumlah 385 kabupaten di luar Jawa Bali berada di level 1, sedangkan untuk daerah Jawa Bali dan sekitarnya sudah tidak ada yang berada di level 3 maupun level 4. 

Baca Juga: Akhirnya! Jakarta PPKM Level 1, Berikut Ini Sederetan Aturan Terbarunya

Kendati demikian, dengan banyaknya daerah yang sudah berada di level 1 membuat semua berbagai sektor sudah mulai beroperasi normal kembali dengan kapasitas 100%. Meski begitu, kita tetap harus peduli dan tetap waspada dengan penyakit-penyakit lain yang akan timbul. 

Kebijakan Lepas Masker di Ruang Terbuka 

Sebelumnya pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk melepas masker di ruang terbuka kecuali bagi orang yang sakit dan lansia. Namun faktanya di lapangan dan pantauan masih banyak masyarakat yang tetap menggunakan masker di ruang terbuka.

Baca Juga: Akhirnya Jokowi Izinkan Lepas Masker, Tapi Kok PPKM Masih Berlanjut? 

Bahkan pengendara motor pun masih setia menggunakan masker. Jika di analisis, sudah 2 tahun masker menjadi bagian dari fashion masyarakat terlepas dari kewajiban awal-awal yang mengharuskan masyarakat menggunakan masker. Sehingga menggunakan masker telah menjadi kebiasaaan dan jika tidak menggunakan akan menjadi "risih" dan "tidak nyaman". 

Alasan lainnya tetap menggunakan masker adalah membuat penampilan jauh lebih menarik menurut kebanyakan orang, proteksi diri dari penyakit lainnya yang muncul, dan belum "pede" untuk mengekspos wajah kembali, ataupun masih belum terlalu percaya dan yakin pandemi covid-19 benar-benar hilang. 

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini