Siapa Itu Nupur Sharma? Politisi India yang Diduga Hina Nabi Muhammad SAW

Siapa Itu Nupur Sharma? Politisi India yang Diduga Hina Nabi Muhammad SAW Kredit Foto: Twitter/@NupurSharmaBJP

Belum lama ini, pernyataan dari juru bicara Bharatiya Janta Party (BJP), Nupur Sharma mendapat kecaman dari negara-negara Arab. Pasalnya, dalam acara debat di suatu stasiun televisi di India, ia menghina Nabi Muhammad SAW.

Usai pernyataan kontroversinya tersebar, Nupur Sharma pun dijatuhi hukuman dari partainya, yaitu berupa skorsing atas perbuatannya pada Juni 2022. 

Lantas, siapa sosok politisi wanita India yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW ini?

Profil Nupur Sharma

Nupur Sharma lahir di New Delhi, India pada 23 April 1985. Ia tercatat sebagai lulusan Sarjana Fakultas Ekonomi di Hindu College, Delhi. Selain itu, ia juga menyandang gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum di Universitas Delhi.

Baca Juga: Siapa Itu Ade Yasin? Sosok Bupati Bogor yang Kena OTT KPK

Setelah mendapatkan gelar sarjana di dua tempat, wanita yang kini berusia 37 tahun itu melanjutkan pendidikan tinggi jenjang S2 di Fakultas Hukum London School of Economics, Inggris. Selama menjadi mahasiswa, Nupur Sharma aktif berorganisasi dan bergabung dengan serikat mahasiswa bernama Akhil Bharatiya Vidyarthi Parishad (ABVP) di Delhi.

Tak lama setelah bergabung menjadi ABVP, Nupur Sharma didaulat menjadi Presiden ABVP pada 2008. Sejak saat itu, karier politik Nupur Sharma semakin menanjak.

Karier

Ia mengawali kariernya diajang debat mewakili patainya bersamaan saat dirinya ditunjuk menjadi Juru Bicara BJP di tahun 2015.

Masih di tahun yang sama, Nupur Sharma terpilih sebagai kandidat BJP melawan mantan menteri dan ketua Partai Aam Admi, Arvind Kejriwal. Namun dalam ajang tersebut, Nupur Sharma kalah.

Baca Juga: Label Gereja Dicopot Para Pengungsi Setelah Terima Bantuan, Bupati Cianjur: Labelnya Terlalu Menonjol, Tidak Benar Itu!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover