Jokowi: Bapak-Ibu Menyampaikan Lanjutkan-lanjutkan, Saya yang Didemo

Jokowi: Bapak-Ibu Menyampaikan Lanjutkan-lanjutkan, Saya yang Didemo Kredit Foto: YouTube PDI Perjuangan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin program-program di pemerintahannya yang telah berjalan saat ini dapat dilanjutkan setelah ia selesai menjabat sebagai presiden. Jokowi mengatakan, siapa pun pemimpin Indonesia berikutnya diharapkan dapat melanjutkan program pemerintahannya sehingga tak terhenti.

“Pemimpinnya siapapun terserah, tapi yang dilanjutkan adalah program-programnya supaya ada kontinyuitas supaya ada berkelanjutan, jangan sampai pemimpin satu sudah mengerjakan tidak dilanjutkan oleh pemimpin berikutnya,” ujar Jokowi dalam sambutannya di HUT 50 tahun Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di JCC, Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga: PDIP Kasih Ponten Jokowi 7, Dia dan Anak-anaknya Tidak Garong Uang Negara

Menurut Jokowi, jika program-program pemerintahan berhenti begitu saja ketika peralihan pemimpin, maka Indonesia tak akan bergerak maju.

“Ini yang bahaya, dan selalu kalau seperti itu mulai terus dari TK, terus sudah ke SMP ke SMA, mulai lagi dari TK lagi, kapan kita akan sampai ke lulus universitas,” ujarnya.

Hal ini disampaikan Jokowi menanggapi yel-yel dari para pemimpin HIPMI. Dalam sambutannya, para pemimpin HIPMI tersebut meneriakkan yel-yel ‘lanjutkan-lanjutkan’, seperti Ketua Umum Hipmi Mardani H Maming dan juga Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Baca Juga: Politisi: India Menanggung Malu Gara-Gara Kasus Penghinaan Nabi

Jokowi pun mengingatkan agar berhati-hati sehingga tak menyebabkan keramaian di masyarakat. Sebab, kata dia, tahun ini merupakan tahun politik.

“Tadi banyak yang menyampaikan lanjutkan-lanjutkan. Hati-hati ini tahun politik. Bapak-Ibu yang menyampaikan lanjutkan-lanjutkan, saya yang didemo. Kan kejadiannya sudah terjadi,” kata Jokowi.

Jokowi khawatir, masyarakat kembali melakukan unjuk rasa terhadap dirinya terkait masalah ini. Namun ia meluruskan, maksud dari yel-yel ‘lanjutkan’ tersebut yakni melanjutkan program-program pemerintah.

Baca Juga: Setibanya di Indonesia, Eril akan Dimakamkan di Makam Keluarga di Cimaung

“Hati-hati sekali lagi ini tahun politik. Tapi saya nangkap yang dimaksud dilanjutkan itu adalah programnya,” ujar dia.

Jokowi pun meminta agar kondisi di dalam negeri dapat terus terjaga kondusif. Mengingat saat ini semua negara tengah menghadapi tantangan yang berat dan juga ketidakpastian global.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover