Covid-19 Kembali Meningkat? Ini Penyebabnya Loh!

Covid-19 Kembali Meningkat? Ini Penyebabnya Loh! Kredit Foto: Republika

Kasus covid-19 kembali menyerbu Indonesia dikabarkan mengalami kenaikan dari jumlah kasus positif Minggu lalu. Pada Jumat, 10 Juni 2022 terjadi penambahan 627 kasus positif baru, sehingga total kasus dari awal hingga Jumat, mencapai 6.059.363 kasus. Lantas, apa penyebab kasus covid-19 naik? Berikut ini penjelasannya!

Meski begitu, masyarakat tidak perlu khawatir karena angka tersebut masih berada di bawah standar positivity WHO. Jadi masih bisa diatasi.

Lebih lanjut, menurut dr Mohammad Syahril, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beberapa alasan kasus covid-19 kembali meningkat: 

Penggunaan Masker Yang Melonggar

Pemerintah memang telah memperbolehkan melepas masker di ruang terbuka. Hal ini langsung disambut gembira oleh banyak orang. Bisa jadi kasus covid-19 meningkat karena pelonggaran masker lantaran terbuai dengan kebebasan prokes dan mulai tidak taat dengan aturan prokes. Akibat hal ini, terjadi penularan di berbagai tempat misalnya di mall, transportasi umum, dan tempat wisata. 

"Hal ini yang harus diwaspadai masyarakat. Harap masker tetap dipakai bila ingin beraktivitas di luar dan ada banyak orang," saran dr Syahril.

Baca Juga: Keras! Peringatan Opung Luhut Buat Pemerintah Nggak Main-main: Jangan Buru-buru Soal Status Endemi Covid-19, Saya Pengen….

Baca Juga: Angka Kasus Penularan Covid-19 Kembali Naik, Luhut: Kita Tidak Bisa...

Ada Sub Varian Omicron

Penyebab covid-19 meningkat kemungkinan disebabkan adanya sub varian omicron terbaru yaitu BA.4 dan BA.5. Namun saat ini masih dikaji lebih lanjut dan detail oleh kementerian kesehatan. 

Jika diingat, varian Delta pernah masuk ke Indonesia tempo lalu dan menyebabkan kasus covid-19 dan kini kembali terjadi akibat sub varian terbaru omicron.

Daya Tahan dan Kekebalan Tubuh Menurun

Faktor selanjutnya adalah daya tahan dan kekebalan tubuh yang belum maksimal. Kemungkinan kekebalan tubuh seseorang menurun akibat belum melakukan vaksinasi booster. Serta kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh seseorang stabil dan belum bisa menyesuaikan kondisi baru pasca pandemi covid-19. Terlebih lagi saat ini cuaca sedang tidak bagus, sehingga badan mudah terinfeksi virus dari luar. 

"Maka dari itu kita tetap harus hati-hati. Kita tak boleh meninggalkan disiplin protokol kesehatan sekaligus juga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan jangan lupa vaksin lengkap dan booster. Vaksin ini adalah upaya kita dalam rangka memberikan kekebalan pada masing-masing orang, sehingga menjadi lebih tahan dan tidak sakit bila terpapar virus," jelas dr Syahril

Baca Juga: Terduga Penghina Iriana Diusir hingga Diarak Warga Setempat, Apa Benar?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover