Begini Penjelasan Mengenai Virus BA.4 dan BA.5, Jenis Omicron Terbaru!

Begini Penjelasan Mengenai Virus BA.4 dan BA.5, Jenis Omicron Terbaru! Kredit Foto: Rakyat Merdeka

Belum benar-benar pulih dari virus covid-19, Indonesia kembali digegerkan dengan jenis virus omicron terbaru yaitu Virus BA.4 dan Virus BA.5. Kabarnya dua virus inilah yang menyebabkan kasus covid-19 meningkat kembali di 3 minggu terakhir. 

Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan (Menkes) sudah mengungkapkan kasus mutasi SARS-CoV-2 Omicron baru yakni subvarian BA.4 dan BA.5 sudah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia sejak Mei 2022. Dan bahkan virus ini sudah terdeteksi empat orang di Bali.

Adapun empat orang tersebut antara lain satu warga negara Indonesia (WNI) dan tiga warga negara asing (WNA). Satu diantaranya terinfeksi Omicron BA.4 dan tiga lainnya terjangkit BA.5.

Baca Juga: Angka Kasus Penularan Covid-19 Kembali Naik, Luhut: Kita Tidak Bisa...

Tanda-Tanda Atau Gejala Terkena Virus BA.4 dan BA.5 

Di bawah ini adalah tanda-tanda atau gejala terkena virus BA.4 dan BA.5 yang harus Anda ketahui: 

- Demam

- Batuk

- Kelelahan

- Indra penciuman hilang

- Sakit tenggorokan

Baca Juga: Covid-19 Kembali Meningkat? Ini Penyebabnya Loh!

- Sakit kepala

- Sakit dan nyeri

- Diare

- Ruam pada kulit, atau perubahan warna jari tangan atau kaki

- Mata merah atau iritasi

Bukan hanya itu, bahkan varian BA.4 dan BA.5 dikabarkan menjadi salah satu penyebab angka covid-19 di negara Afrika Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Denmark, dan Israel menjadi meningkat. 

Kendati demikian, kita harus tetap waspada, menjaga daya tahan tubuh, serta tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjangkit virus BA.4 dan BA.5. 

Baca Juga: Main Keroyokan! PKB dan Demokrat Kompak Nyinyirin Acara Kumpul-kumpul Jokowi Bareng Relawan di GBK, Pasang Kuping Baik-baik!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover