Apa Itu Stoikisme? Cara Hidup Jadi Lebih Tenang?

Apa Itu Stoikisme? Cara Hidup Jadi Lebih Tenang? Kredit Foto: Freepik.com

Stoikisme adalah sebuah filosofi yang berkaitan dengan menjaga pikiran tetap tenang dan terhindar dari stres agar dapat mencapai kebahagiaan hidup. 

Stoikisme merupakan ilmu filsafat Yunani Kuno yang didirikan selama apa yang disebut periode Helesentik, yaitu periode sejarah Mediterania yang membentang dari 323 SM (setelah kematian Alexander Agung) hingga 31 SM yang menandai penurunan Yunani dari masa jayanya dan munculnya Kekaisaran Romawi.

Menurut Stanford Encyclopedia of Philosophy, istilah stoic berasal dari kata teras (stoa poikilê) karena anggota atau pengikut pemikiran ini berkumpul di tangga Agora di Athena (pasar sentral) di mana kuliah tentang stoikisme diadakan.

Inti dari cara hidup stoikisme adalah proses yang sedang berlangsung dari mengembangkan pengendalian diri, memberikan penilaian yang jelas, hingga mengatasi emosi destruktif.

Baca Juga: Apa Itu Digital Nomad? Konsep Kerja Sambil Healing?

Prinsip Stoikisme

Berikut prinsip stoikisme bagi Anda yang berminat menjalaninya:

1. Kelola harapan dan penilaian

Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa orang memiliki harapan yang sangat tinggi dan menciptakan asumsi yang cenderung tidak realistis. Ketika orang tersebut dihadapkan dengan kesenjangan yang besar akan harapan dengan kenyataan akan menyebabkan kecemasan, frustasi, dan perselisihan. Dalam konsep hidup stoikisme, Anda tetap dapat memiliki harapan, impian, dan keyakinan, namun hal tersebut haruslah realistis.

2. Bersikap realistis

Terkadang, Anda memiliki ambisi untuk mengubah orang atau keadaan yang berada di luar kendali Anda. Padahal terdapat banyak hal tentang kehidupan yang tidak dapat Anda pengaruhi atau kendalikan. Namun, terdapat banyak hal yang dapat Anda ubah, seperti pikiran, kebiasaan, dan tindakan diri sendiri.

3. Pahami arti keseimbangan batin dan praktikkan

Keseimbangan batin berkaitan dengan ketenangan. Dalam konsep stoikisme, ketenangan merupakan pusat dari dilsafat stoa itu sendiri. Anda diminta untuk menyeimbangkan pikiran Anda agar tidak bereaksi berlebihan terhadap situasi hingga membuat Anda terjebak dalam masalah yang lebih buruk dari awalnya.

Dengan latihan, Anda dapat belajar cara menguasai mekanisme kontrol pikiran agar tetap seimbang daripada membiarkannya mempengaruhi sikap Anda.

4. Berdamai dengan emosi

Baiknya, Anda harus belajar berdamai dengan emosi Anda dengan cara tenang mempelajari penyebab yang mendasarinya. Dengan begitu, Anda akan lebih mampu mengatasi situasi dengan cara yang tepat.

5. Hidup selaras dengan alam

Stoicisme Kuno adalah filsafat metafisik dan spiritual karena mereka sangat berdedikasi untuk memahami sifat alam semesta dan belajar bagaimana bekerja dengan ilmu pengetahuan tentang alam semesta itu. Yang paling penting adalah mengakui bahwa manusia adalah makhluk rasional dan harus mengasah kemampuan berpikir mereka.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini