Nasi Padang Babi Kini Kian Panas, Pendeta Gilbert Singgung Makanan Sunda: Kalaiu Ada Babi Geprek dan Babi Penyek Gimana?

Nasi Padang Babi Kini Kian Panas, Pendeta Gilbert Singgung Makanan Sunda: Kalaiu Ada Babi Geprek dan Babi Penyek Gimana? Kredit Foto: suara.com

Pendeta Gilbert pun mengajak masyarakat Indonesia untuk maju dikit berpikirnya, kenapa kok rendang babi diributkan. Menurut Gilbert, makanan tak ada agamanya dan ia merasa heran kenapa soal rendang babi, anak bangsa ribut sana ribut sini.

Pendeta Gilbert berpandangan, tak ada masalah dengan rendang babi. Menjadi masalah kalau ada penipuan di dalamnya.

Pendeta Gilbert mengatakan rendang babi menjadi masalah kalau kuliner itu dipasarkan dengan bahasa makanan padang halal karena babi itu haram atau non halal bagi muslim.

Maka kalau dipasarkan rendang babi makanan halal, di situ jelas dia tak setuju dong.

Baca Juga: Heboh Nasi Padang Babi, Presiden Islamic Mumbai Turun Tangan Beber 4 Ayat Al Quran Terkait Orang Islam Haram Makan Babi

Dalam kanal Youtubenya, pemuka Kristen ini menghormati orang Sumatera Barat (Sumbar)dengan kearifan lokalnya, namun tak lantas rendang tak boleh dimodifikasi dengan cara yang lain.

"Orang Sumbar yang terhormat, jadi kita nggak bisa bilang rendang ini harus dimasaknya begini. Orang mau bikin rendang tempe, orang yang punya rendang siapa, jangan diklaim satu provinsi, satu kelompok agama saja. Bumbu masak nggak ada agamanya, jadi lucu bener rasanya bangsa ini," kata Pendeta Gilbert dalam videonya dikutip Hops.id--jaringan Suara.com, Sabtu (11/6/2022).

Ia pun kemudian menyinggung soal kuliner yang familiar di Indonesia yang aslinya berbahan dasar dari babi namun dimodifikasi dari bahan lain.

Baca Juga: Pakai Bandana Putih, Mbak Rara Hadiri Pemakaman Eril Sambil Minta Rokok ke Orang Ini Gegara Lihat Langit Gelap: Jadi Secara Agama Islam...

"Tahu nggak saudara, yang namanya bakcang, bakmi, jadi segala sesuatu yang pakai 'bak' itu singkatan dari babi. Makanya di Manado ada mie bak itu artinya mie babi. Bakmi ayam padahal itu bak itu babi awalnya, kemudian dimodifikasi jadi misalnya ada bakmi ayam," ujar Gilbert Lumoindong.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Suara.com.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover