Gawat! IQ Rata-Rata Orang Indonesia Peringkat Ke-130 dari 190 Negara, Berikut Aktivitas yang Dapat Meningkatkan IQ

Gawat! IQ Rata-Rata Orang Indonesia Peringkat Ke-130 dari 190 Negara, Berikut Aktivitas yang Dapat Meningkatkan IQ Kredit Foto: Freepik

Intelligence Quotient (IQ) merupakan salah satu tolok ukur yang digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang. Kecerdasan yang diukur berupa kecerdasan dalam berpikir, menganalisis, memecahkan masalah, dan aktivitas yang berkaitan dengan logika. Hal ini merupakan bentuk dari proses pembelajaran dan pengalaman hidup.

Umumnya, tes IQ dilakukan saat memasuki jenjang pendidikan di mana mereka akan mengadakan tes kecerdasan ini untuk mengetahui skor IQ murid-muridnya. Makin tinggi skor yang didapatkan murid tersebut, maka makin dianggap cerdas murid tersebut.

Dilansir dari World Population Review 2022, skor IQ biasanya digunakan untuk mengetahui kualitas pendidikan dan sumber daya yang tersedia bagi orang-orang di wilayahnya masing-masing. Wilayah dengan skor IQ yang lebih rendah biasanya lebih miskin dan kurang berkembang, khususnya di bidang pendidikan jika dibandingkan dengan negara-negara dengan skor IQ yang lebih tinggi. Selain itu, banyak peneliti juga menggunakan IQ untuk menentukan negara terpintar di dunia.

Beberapa negara yang masuk ke dalam peringkat skor IQ tertinggi, yaitu Jepang (rata-rata skor IQ 106,48), Taiwan (106,47), Singapura (105,89), Hong Kong (105,37) dan Cina (104,1). Jika dilihat, negara-negara yang memimpin di daftar teratas negara dengan peringkat skor IQ tertinggi didominasi oleh negara-negara di Benua Asia.

Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku bagi Indonesia yang juga berada di Benua Asia. Indonesia berada di peringkat ke-130 dari 190 negara, yaitu dengan rata-rata skor IQ 78,49. Skor tersebut setara dengan Timor Leste dan Papua Nugini.

Baca Juga: Apa Itu Stunting? Jumlah Stunting di Indonesia Melebihi Batas WHO?

Padahal di era 4.0 ini, persaingan antarnegara makin ketat. Sangat disayangkan, jika masalah mengenai sumber daya manusia (SDM) masih menjadi persoalan bangsa Indonesia.

Lantas, bagaimana cara menaikkan IQ seseorang?

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini