Di Madinah, Jamaah Haji Indonesia Yang Sakit Ada 43 dan Meninggal 2 Orang, Kemenag Perketat Ini

Di Madinah, Jamaah Haji Indonesia Yang Sakit Ada 43 dan Meninggal 2 Orang, Kemenag Perketat Ini Kredit Foto: Viva

Fase keberangkatan jemaah haji gelombang pertama masih berlangsung sejak 4 Juni 2022. Pada fase ini, seluruh jemaah diberangkatkan menuju Madinah Al-Munawwarah. Mereka akan tinggal paling lama selama sembilan hari di Madinah untuk menunaikan ibadah Arbain, ziarah, dan kegiatan lainnya.

“Tahun ini, pemerintah memberikan layanan konsumsi 3 kali setiap harinya, yaitu makan pagi, makan siang dan makan malam,” terang Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Baca Juga: Gegara Ini Kemenag Imbau Pelaku Usaha Ajukan Sertifikasi Halal! Penting Untuk...

“Jadi hitungan maksimalnya, jemaah akan mendapat sebanyak 27 kali makan selama 9 hari selama di Madinah,” sambungnya.

Fauzin yang juga Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Setjen Kemenag menjelaskan bahwa makanan akan didistribusikan ke setiap hotel jemaah haji sebelum waktu makan tiba.

Menu makanannya bervariasi setiap harinya, sejak Senin sampai Minggu. Isi makanan terdiri dari nasi, sayur, lauk, buah dan air mineral.

“Batas mengkonsumsi untuk makan pagi pukul 11 siang, makan siang pukul 17, dan makan malam pukul 23 WAS. Ini tertera juga dalam kemasan makanan,” tegasnya.

“Penyajian diberikan dalam kemasan box yang sudah lolos uji standar higenitasnya,” lanjutnya.

Baca Juga: Zara Anak Ridwan Kamil Pegang Lukisan Wajah Eril Selama Pemakaman, Gak Disangka! Ternyata Hasil Karya Sendiri

Fauzin menambahkan, sampai dengan hari ini, sebanyak 23.178 jemaah telah diberangkatkan ke Madinah. Hari ini kembali diberangkatkan 3.619 jemaah yang terbagi dalam sembilan kloter dari lima embarkasi.

Masing-masing dua kloter berangkat dari Embarkasi Jakarta – Pondok Gede atau JKG (786 jemaah), Jakarta – Bekasi atau JKS (820), Solo atau SOC 1 (720), dan Surabaya atau SUB (900). Satu kloter dari embarkasi Medan (MES) dengan 393 jemaah.

“Jemaah haji sakit per hari ini sebanyak 43 orang,  38 orang dengan rawat jalan dan 5 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Jemaah wafat menjadi 2 orang, 1 dari embarkasi Jakarta – Pondok Gede dan 1 dari Embarkasi Padang,” papar Fauzin.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover