Isu Resuffle Kabinet? Ini Penjelasannya

Isu Resuffle Kabinet? Ini Penjelasannya Kredit Foto: Humas Setkab/Rahmat

Isu Resuffle Menteri di Kabinet Indonesia Maju menjadi perbincangan hangat di tengah-tengah isu tahapan pemilu 2024. Kabarnya, Presiden Jokowi akan menggeser beberapa Menteri dan hal ini akan diumumkan pada 15 Juni 2022. 

Sebelumnya, resuffle memiliki arti perombakan. Resuffle tidak hanya digunakan dalam dunia pemerintahan saja tetapi bisa digunakan dalam dunia yang lain. Resuffle kabinet adalah peristiwa di mana kepala pemerintahan (Presiden) mengganti posisi menteri dalam kabinetnya. Perombakan kabinet dilakukan dengan memindahkan seorang menteri dari satu posisi ke posisi yang lain. Perombakan diperlukan karena suatu alasan penting misalnya karena menteri mengundurkan diri, baik karena suatu skandal, pensiun, atau sebab-sebab lain di luar sebab tersebut.

Dalam dunia pemerintahan, resuffle kabinet bukanlah hal yang baru melainkan hal yang biasa dilakukan misalnya saja pada tahun 2014-2019 Jokowi pernah melakukan pergantian pejabat di periode pertama. 

Resuffle pun tidak dilakukan secara asal dan sembarangan, melainkan dilakukan dengan matang dan sudah didiskusikan dengan banyak pihak. 

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Kian Dekat, Ini Lima Menteri yang Digadang-gadang Terdepak, yang Beberin Orang Penting PDIP

Namanya resuffle, tentu bertujuan untuk mendapatkan atmosfer baru dan mempunyai program prioritas baru. Namun tujuan secara detail yang sudah kami rangkum adalah: 

Membangun aliansi, reward, dan memastikan seluruh fraksi dalam partai menjadi perwakilan pemerintah.

Mengevaluasi kinerja para menteri dalam pemerintahan. 

Adanya peristiwa di luar kendali. 

Adapun desas-desis Menteri yang akan terkena resuffle kabinet yaitu: 

Luhut Pandjaitan menjadi Menko Perekonomian. 

Erick Thohir menjadi Menko Marinves.

Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri BUMN.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan dijabat oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. 

Menteri ATR/Kepala BPN akan diisi oleh mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Kepala Staf Presiden Moeldoko akan mengisi posisi baru sebagai menteri pertanian.

Per hari ini pun sudah ada beberapa Menteri yang dipanggil ke Istana Negara oleh Presiden Jokowi diantaranya adalah Prabowo Subianto, Sofyan Djalil, Syahrul Yasin Limpo, Muhammad Lutfi. Entah pertemuan tersebut membahas masalah terkait atau bukan. 

Semoga siapapun itu dengan posisi baru semoga bisa membawa Indonesia lebih baik. 

Baca Juga: Kabar Jokowi Reshuffle Kabinet Besok, Dua Nama Ini Paling Kuat Disebut-sebut Masuk Kabinet

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini