Resmi Dilantik Jokowi Jadi Mendag, Zulhas Berjanji Segera Selesaikan Persoalan Minyak Goreng

Resmi Dilantik Jokowi Jadi Mendag, Zulhas Berjanji Segera Selesaikan Persoalan Minyak Goreng Kredit Foto: Humas Sekretariat Presiden

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan resmi dilantik sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Muhammad Lutfi pada Rabu siang (15/6/2022) di Istana Negara.

Zulhas--sapaan akrab Zulkifli Hasan--ditunjuk Jokowi lantaran pengalamannya memimpin lembaga negara, ia juga diketahui pernah menjadi Menteri Kehutanan dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2014-2019. Saat ini pun Zulhas masih menjabat sebagai Wakil Ketua MPR periode 2019-2024.

"Kebutuhan yang berkaitan dengan rakyat ini membutuhkan pengalaman lapangan, memerlukan kerja-kerja lapangan yang terjun langsung untuk melihat persoalan rakyat," ujar Jokowi usai pelantikan.

Baca Juga: Seluruh Ketum Parpol Dipanggil Jokowi, Begini Fakta di Balik Wacana Reshuffle Kabinet

Presiden Jokowi berharap Zulhas mampu mengatasi persoalan kebutuhan masyarakat yang saat ini tengah mengalami problem, salah satunya minyak goreng.

Tak hanya itu, ia juga meminta Zulhas mengatasi persoalan ekspor, tetapi Zulhas difokuskan untuk memikirkan kebutuhan pokok di dalam negeri.

"Kalau urusan ekspor juga menjadi tugas Mendag, tapi yang lebih penting urusan kebutuhan pokok di dalam negeri," tegas Jokowi.

Baca Juga: Resmi! Jokowi Lantik Zulhas dan Hadi Tjahjanto Jadi Menteri Kabinet Indonesia Maju

Sementara itu, Zulhas mengatakan akan menyelesaikan persoalan kebutuhan pokok, utamanya minyak goreng. "Kasihan rakyat jika tidak kita selesaikan dengan cepat," ujarnya usai pelantikan.

Dia juga mengapresiasi kerja-kerja yang sudah dilakukan oleh Muhammad Lutfi dan Luhut Binsar Panjaitan yang diberi tugas khusus mengatasi persoalan minyak goreng.

Zulhas pun pede dengan rekam jejaknya selama ini memimpin lembaga negara akan membantunya untuk secepat mungkin mengatasi persoalan minyak goreng.

Baca Juga: Dikabarkan Akan Jadi Mendag, Begini Jawaban Zulkifli Hasan

"Pengalaman saya yang panjang tentu akan banyak membantu untuk segera menyelesaikan (persoalan) ketersediaan minyak goreng dan harga terjangkau, itu yang paling penting," tegas Zulhas.

Kemudian Zulhas berjanji akan menyusun semua program kerja Kementerian Perdagangan dalam waktu satu hingga dua hari kedepan.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover