Wajah Baru Menteri dan Wakil Menteri Resuffle Kabinet

Wajah Baru Menteri dan Wakil Menteri Resuffle Kabinet Kredit Foto: Sekretariat Presiden

Resuffle Kabinet telah dilakukan siang tadi sekitar pukul 13.30 oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta. Hasilnya, ada 2 Menteri dan 3 Wakil Menteri baru yang dilantik oleh Jokowi. Lalu siapa aja Menteri dan Wakil Menterinya? 

Resuffle Kabinet dilakukan sudah melalui proses dan diskusi yang panjang, sehingga resuffle kabinet bukanlah hal yang mendadak maupun tidak terstruktur dan tidak ada kepentingan politik apapun di dalam resuffle kabinet. 

Dalam pelantikan Menteri dan Wakil Menteri baru juga turut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting diantaranya ada Airlangga Hartarto, Megawati Soekarnoputri, Muhaimin Iskandar, Surya Paloh, dan lain-lainnya. 

Baca Juga: Jelang Reshuffle Kabinet, Jokowi Ngumpulin Para Ketum Parpol, Ada Apa?

Adapun urutan pelantikan Menteri dan Wakil Menteri hari ini: 

  • Pembacaan surat keputusan presiden
  • Sumpah Jabatan
  • Ucapan selamat dari para tamu yang hadir

Lebih lanjut, berikut ini nama-nama besarta profil Menteri dan Wakil Menteri yang dilantik hari ini: 

Zulkifli Hasan : Menteri Perdagangan (menggantikan Muhammad Lufti)

Diketahui, Zulkifili Hasan adalah seorang politisi berkebangsaan Indonesia yang sudah malang melintang di dunia politik. Sebelum menjabat sebagai Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan pernah menjabat sebagai wakil ketua MPR 2019-2022, kemudian beliau juga pernah menjabat sebagai ketua MPR di tahun 2014-2019. 

Zulkifli Hasan pun menjabat sebagai ketua Partai Amanat Nasional (PAN) sejak tahun 2015. Dan beliau pun pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan Indoneia di tahun 2009-2014. Sehingga kinerja politik Zulkifli Hasan tidak perlu diragukan lagi. 

Dengan rekam jejak dan pengalaman yang bagus menjadi alasan Jokowi untuk memiliki Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan, selain itu karena urusan mengenai kebutuhan pokok rakyat memerlukan pengalaman lapangan. Dan kesemua itu ada di sosok Zulkifli Hasan. 

Hadi Tjahjanto : Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (menggantikan Sofyan Djalil)

Diketahui Hadi Tjahjanto adalah seorang panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari tahun 2017 hingga tahun 2021. Pria kelahiran tahun 1963 ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987. 

Dari dulu memang Hadi Tjahjanto memang sudah bergelut di dunia angkatan maka tak heran beliau memiliki rekam jejak yang bagus di dunia angkatan. Beliau pernah menjabat sebagai Kepala Staff TNI Angkatan Udara di tahun 2017-2018 dan pernah menjabat sebagai Panglima TNI di tahun 2017-2021.

Adapun alasan Jokowi memilih Hadi Tjahjanto yaitu beliau sangat detail ketika bekerja di lapangan.

"Karena beliau dulu sebagai mantan Panglima (TNI) menguasai teritori, kita juga tahu, Pak Hadi kalau ke lapangan kerjanya sangat detail," kata Jokowi usai melantik sejumlah menteri dan wakil menteri baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022) yang kami lansir dari kompas  

Baca Juga: Resmi! Jokowi Lantik Zulhas dan Hadi Tjahjanto Jadi Menteri Kabinet Indonesia Maju

Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (menggantikan Surya Tjandra)

Diketahui Raja Juli Antoni adalah seorang politikus yang berasal dari PSI (Partai Solidaritas Indonesia). Sosok yang biasanya di sapa Toni pernah bergabung di PDIP. 

Toni juga dikenal sebagai intelektual muda yang aktif di organisasi Muhammadiyah. Dia pernah menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri

Diketahui John Wempi Wetipo adalah pria kelahiran 1972 di Papua. Sebelum menjabat posisi sekarang, John Wewpi Wetipo pernah menjabat sebagai bupati Jaya Wijaya di tahun 2008-2013. Wempi Wetipo juga pernah menjadi seorang PNS di Kabupaten Jayawijaya pada 1996-1998. 

Di tahun 2006-2008, John Wempi Wetipo sempat menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Jayawijaya. Meskipun karir politiknya belum sebanyak pendahulunya, namun John Wempi Wetipo berhak diberi kesempatan. 

Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan

Diketahui Pria kelahiran Jambi, 20 April 1972 ini sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Bulan Bintang (PBB) sejak awal partai ini berdiri di tahun 1998.

Baca Juga: Terduga Penghina Iriana Diusir hingga Diarak Warga Setempat, Apa Benar?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover