Rumor Tokoh Capres Yang Diusung Oleh Nasdem, Siapa Aja Ya?

Rumor Tokoh Capres Yang Diusung Oleh Nasdem, Siapa Aja Ya? Kredit Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Dari kemarin hingga hari ini, 16 Juni 2022 NasDem menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di JCC Senayan. Rakernas dibuat dengan tujuan membicarakan agenda dan mendengarkan aspirasi-aspirasi dari para capres. Rencananya Rakernas akan berakhir besok 17 Juni 2022. 

Ada dua agenda yang akan dibahas dalam Rakernas NasDem yaitu persiapan pemilu 2024 dan penjaringan nama calon presiden yang akan didukung Partai NasDem untuk Pemilu 2024.

Rakernas Nasdem dihadiri oleh perwakilan wilayah di tingkat provinsi (Dewan Pimpinan Wilayah/DPW) dari 34 provinsi. Dan masing-masing mengusulkan minimal 3 dan maksimal 5 calon presiden. Dalam rakernas ini pun dihadiri oleh 7.000 orang dengan beberapa elite politik NasDem yang ikut hadir yaitu ada Surya Paloh dan Prananda Surya Paloh, Johnny G Plate, Ahmad Sahroni, dan lain-lainnya.

Adapun hasil rapat hingga hari terkait capres yang akan diusung oleh NasDem berdasarkan suara terbanyak dari masing-masing DPW:

Baca Juga: Namanya Masuk Bursa Capres NasDem, Ganjar Pranowo Bingung: Hah Survei Opo? Saya dari PDI Perjuangan

Anies Baswedan 

Dalam rapat ini, Anies Baswedan menjadi primadona yang banyak diusung oleh DWP sebagai Capres 2024. Anies Baswedan diusulkan oleh 32 DPW, ini artinya hanya 2 DPW yang tidak mengusung. 

Ganjar Pranowo 

Meski kader PDIP sejati, Ganjar Pranowo memperoleh urutan kedua terbanyak yang diusung oleh Nasdem. 

Erick Thohir 

Urutan ketiga ada Erick Thohir dengan 16 suara.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Dan terakhir ada Andika Perkasa dengan dukungan 13 suara DPW.

Ranking tersebut tidak mutlak dan masih dalam proses. "Perlu dicatat bahwa dalam pengambilan keputusan rekomendasi oleh SC (Steering Comittee) tidak dilakukan atas dasar voting, namun mengacu pada tata tertib yang telah disampaikan, yaitu musyawarah untuk mufakat," ujar Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Namanya Masuk Capres NasDem, Ganjar Pranowo: Terimakasih, Tetapi Saya PDI Perjuangan!

Pun tidak hanya 4 nama teratas tersebut, masih ada capres usulan dari daerah. Besok, 17 Juni 2022 adalah hari terakhir Rakernas Nasdem dan besok baru akan diumumkan hasilnya. Semoga siapapun yang diusung semoga sesuai harapan. 

Baca Juga: Jokowi Ngumpul Bareng Relawan di GBK, Murid Tertua Rizieq Ngomel-ngomel: Biayanya dari Mana Tuh? Mending Buat Korban Gempa Cianjur!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover