Apa Alasan Zulkifli Hasan Dilantik Jokowi Menjadi Mendag?

Apa Alasan Zulkifli Hasan Dilantik Jokowi Menjadi Mendag? Kredit Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengganti Menteri Perdagangan yang tadinya dijabat oleh Muhammad Lutfi, kini diganti oleh Zulkifli Hasan.

Menurut Jokowi, rekam jejak dan pengalaman yang dimiliki Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut tidak dapat diragukan lagi dan cocok untuk mengurusi masalah pangan yang sedang melanda Indonesia.

“Kemudian terutama untuk skill manajerial, sekarang bukan hanya makro saja, tapi mikronya juga harus secara detil dikerjakan, saya lihat pak Zul dengan pengalaman, trek record rekam jejak yang panjang,” jelas Jokowi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Siapa Itu Zulkifli Hasan? Berikut Rekam Jejaknya

Jokowi menjelaskan, untuk menangani masalah pangan saat ini membutuhkan pengalaman di lapangan agar dapat melihat langsung persoalan yang berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat. “Kalau urusan ekspor saya kira juga jadi urusan Mendag, tapi yang lebih penting urusan kebutuhan pokok di dalam negeri harus bisa kita jaga,” jelasnya.

Seperti diketahui, masalah kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng selama berbulan-bulan ini membuat kinerja kinerja Mendag disoroti oleh berbagai pihak. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan, namun penurunan harga minyak goreng dan ketersediaannya membutuhkan waktu cukup lama.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut, reshuffle kabinet ini diputuskan melalui diskusi dan pertimbangan yang matang. Presiden, jelasnya, membutuhkan pembaharuan dari sejumlah menteri dalam menghadapi berbagai persoalan, khususnya masalah pangan dan energi, hingga kenaikan inflasi.

Baca Juga: Jangan Kaget! Begini Cerita di Balik Layar Penunjukan Zulhas Jadi Menterinya Jokowi, yang Ngebocorin Orang PAN, Ternyata oh Ternyata

Ia pun berharap penunjukan menteri dan wakil menteri baru ini dapat memperkuat kabinet sehingga dapat bekerja lebih lincah.

“Secara keseluruhan sebenarnya dengan pengalaman Presiden yang sudah dua periode, 8 tahun untuk memahami persoalan yang ada termasuk urusan minyak curah, urusan pangan, urusan energi, sehinga itulah yang menjadi prioritas. Sehinggga itulah kenapa maka ada penyegaran dalam tubuh kabinet,” jelas dia

Baca Juga: Main Keroyokan! PKB dan Demokrat Kompak Nyinyirin Acara Kumpul-kumpul Jokowi Bareng Relawan di GBK, Pasang Kuping Baik-baik!

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover