Tak Dilirik NasDem, Erick Thohir Dinilai Akan Jadi Rebutan Partai Lain

Tak Dilirik NasDem, Erick Thohir Dinilai Akan Jadi Rebutan Partai Lain Kredit Foto: Dhemas Reviyanto

Dosen FISIP Universitas Bung Karno Faisal Chaniago menilai tidak masuknya Erick Thohir ke dalam bursa capres NasDem bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.

Pasalnya, menteri BUMN tersebut masih punya peluang sangat besar diusung partai lain pada Pilpres 2024 mendatang.

“Saya tidak masalah Erick Thohir tidak masuk dalam seleksi Nasdem. Masih ada partai koalisi lain yang bisa menjadi kendaraan Erick Thohir. Masih banyak peluang Erick Thohir untuk maju di Pilpres 2024. Partai lain pasti melirik sebab elektabilitasnya cukup tinggi,” katanya.

Baca Juga: Nama Erick Thohir Jadi Kuda Hitam di Rakernas Nasdem, Simak Penjelasannya!

Dia mengaku tidak mengetahui apa yang menyebabkan nama Erick Thohir dan Rachmat Gobel bisa hilang dari hasil seleksi capres yang dibacakan Surya Paloh dalam Rakernas NasDem.

“Kita tidak bisa menduga-duga. Kalau jalurnya penentuan benar-benar melalui mekanisme demokrasi, tetap harus dihargai,” terangnya.

Walau sudah memiliki nama capres, NasDem tetap membutuhkan partai lain untuk memenuhi syarat presidential threshold 20 persen.

Baca Juga: Andika Perkasa Jadi Bakal Capres NasDem, Ujang Komarudin: TNI Dilarang Berpolitik Praktis

Karena itu, peluang NasDem menganulir hasil seleksi kemarin masih sangat terbuka.

“Yang jelas, tiga tokoh tersebut sudah menjadi jagoan Nasdem. Dan Nasdem kan tidak bisa maju sendiri. NasDem harus berkoalisi dengan partai lain. Ketika terjadi koalisi bisa saja, terjadi cocok ulang. Sebab politik itu bersifat dinamis,” tutupnya.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan JPNN.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover