Kemenkes Imbau Jemaah Haji Tetap Gunakan Masker Selama di Arab Saudi

Kemenkes Imbau Jemaah Haji Tetap Gunakan Masker Selama di Arab Saudi Kredit Foto: Viva

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta jemaah haji yang telah tiba di Saudi Arabia maupun yang akan berangkat dari seluruh tanah air untuk tetap menggunakan masker selama berada d tanah suci. Protokol kesehatan (Prokes) dasar itu harus diperketat untuk menghindari penularan berbagai jenis virus. 

Pernyataan itu disampaikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Andi Yanti dalam keterangan pers Kemenkes dikutip Minggu (19/6/2022). 

''Gunakan masker dengan baik dan benar. Masker harus menutupi pangkal hidung dan seluruh mulut. Serta jika terkena cairan, segera diganti karena membran masker bisa tidak berfungsi dengan baik lagi,'' katanya.

Baca Juga: Imbauan bagi Jemaah Haji di Madinah dan Makkah: Dilarang Membawa...

Andi menyampaikan, jika jamaah haji tidak menggunakan masker dengan baik dan benar, maka bakteri, khususnya virus penyebab COVID-19 ( SARS Cov-2) dapat lolos masuk ke saluran pernapasan. Dan jamaah bisa terpapar COVID-19.

''Disamping itu diharapkan penggantian masker secara berkala minimal 6-8 jam atau jika dirasa sudah kotor,'' katanya.

Dokter spesialis paru itu juga menyarankan jamaah agar selalu mencuci tangan dengan sabun atau membawa hand sanitiser di dalam tas. Apa bila sudah menyentuh barang di tempat umum, maka tangan harus segera dibersihkan.

''Cuci tangan sebelum tangan menyentuh hidung atau area mulut yang bisa jadi sarana untuk virus masuk kedalam saluran pernapasan dan menimbulkan infeksi COVID-19,'' katanya.

Baca Juga: Tak Dilirik NasDem, Erick Thohir Dinilai Akan Jadi Rebutan Partai Lain

Dia juga menyarankan agar jamaah sering berwudhu selama melaksanakan ibadah haji. Karena kata dia, berwudhu sebenarnya merupakan tehik pembersihan diri yang paling optimal. 

Andi berharap, jamaah tetap patuh terhadap sejumlah protokol kesehatan selama menunaikan ibadah haji. Tujuannya agar jamaah haji tetap aman dan sehat selama menjalankan rangkaian ibadah haji.

''Sehingga bisa beribadah dengan baik dan mendapat gelar haji mabrur,'' katanya.

Khusus untuk jamaah haji, karena menjaga jarak sulit dihindarkan, maka kita bisa memperkuatnya memakai masker dengan baik dan benar. Serta selalu mencuci tangan dengan sabun atau memakai desinfectan (hand sanitiser).

Lihat Sumber Artikel di Akurat Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Akurat.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover