Peluang Koalisi NasDem - PDIP Usung Ganjar - Andika Terbuka Lebar, Mas Anies Siap-siap Gigit Jari!

Peluang Koalisi NasDem - PDIP Usung Ganjar - Andika Terbuka Lebar, Mas Anies Siap-siap Gigit Jari! Kredit Foto: Akurat

Pengamat Politik Saiful Anam mengatakan Hasil Rakernas Partai Nasdem yang mengusung capres potensial itu jelas mempersempit pilihan PDIP untuk mengusung jagoan di Pilpres 2024. Alhasil, mau tidak mau PDIP dipaksa untuk berkoalisi dengan Nasdem pimpinan Surya Paloh itu.

Saiful Anam mengatakan, Nasdem sudah melakukan pembajakan terhadap kandidat capres potensial sejak awal.

Baca Juga: Bilang Anies Baswedan Miskin Prestasi, Mas Djarot Kena Libas Seada-adanya, Kantor PDIP Sampai Dibawa-bawa, Nahloh!

“Kandidat yang diusung Nasdem tentu semakin mempersempit PDIP untuk dipaksa berkoalisi dengan Nasdem, atau dapat dikatakan kawin paksa antara Ganjar-Andika,” kata Saiful Anam, Senin (20/6).

Cara lain yang dilakukan Nasdem adalah menggandeng PKS dan Demokrat untuk berkoalisi, dengan opsi mengusung Anies-Andika pada Pilpres 2024.

Pilihan ini tentu membuat ruang gerak PDIP, meski partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini bisa mengusung capres dan cawapres tanpa berkoalisi dengan parpol lain.

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI) ini melihat target Nasdem hanya ingin mengusung Andika untuk disandingkan dengan capres potensial, baik dengan Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan.

Baca Juga: Kesal Dengar Gus Miftah Nanya-Sejak Kapan Rendang Punya Agama, UAH Langsung Nyahut, Kaidah Ushul Fiqih Dibawa-bawa, Nahloh!

“Targetnya sudah jelas adalah Andika Cawapres,” jelas Saiful Anam.

Seperti diketahui, hasil Rakernas Nasdem, tiga capres yang diumumkan antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Lihat Sumber Artikel di Fajar Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Fajar.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover