Apa Itu Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO)? Kasusnya Meningkat Selama Pandemi Covid-19!

Apa Itu Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO)? Kasusnya Meningkat Selama Pandemi Covid-19! Kredit Foto: Freepik/benzoix

Perkembangan teknologi yang makin pesat membantu kehidupan masyarakat menjadi lebih mudah. Namun, masih terdapat oknum yang menyalahgunakan kemudahan yang diberikan teknologi saat ini. Misalnya, dengan melakukan tindak kekerasan berbasis gender yang marak terjadi di dunia maya.

Kekerasan berbasis gender online atau yang disingkat menjadi KBGO adalah tindakan kekerasan atau pelecehan seksual yang merugikan salah satu gender, terutama perempuan melalui perantara teknologi internet. KBGO bukanlah tindak kekerasan secara fisik, melainkan tindak kekerasan secara verbal.

Mungkin istilah KBGO masih terdengar asing di telinga awam. Namun, perilaku KBGO, baik secara sengaja maupun tidak sengaja sering terjadi di era digital ini. Contohnya adalah membuat konten di media sosial yang menjadikan perempuan sebagai objek seksual.

Berdasarkan data dalam laporan tahunan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) selama tahun 2020 terdapat 940 laporan kasus KBGO. Angka ini meningkat daripada tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 241 kasus.

Baca Juga: Apa Itu Doxing di Media Sosial?

Dalam artian, peningkatan KBGO meningkat selama pandemi Covid-19 berlangsung di mana hampir segala aktivitas berpindah ke digital (daring). Data tersebut juga menunjukkan bahwa peningkatan penggunaan internet selama pandemi selaras dengan peningkatan jumlah kasus KBGO.

Terdapat delapan bentuk kekerasan seksual yang telah dilaporkan ke Komnas Perempuan, yaitu pendekatan untuk memperdaya (cyber grooming), pelecehan online (cyber harassment), peretasan (hacking), konten ilegal (illegal content), pelanggaran privasi (infringement of privacy), ancaman distribusi foto/video pribadi (malicious distribution), pencemaran nama baik (online defamation), dan rekrutmen online (online recruitment).

Lantas, bagaimana upaya mencegah KBGO?

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini