Polisi Terima Laporan Terkait Stupa Borobudur Berwajah Mirip Jokowi, Cucu Girang Bukan Main: Roy Suryo Harus Segera Ditahan!

Polisi Terima Laporan Terkait Stupa Borobudur Berwajah Mirip Jokowi, Cucu Girang Bukan Main: Roy Suryo Harus Segera Ditahan! Kredit Foto: Akurat

Keturunan Nabi Muhammad SAW Habib Husin Alwi Shihab mendesak pihak kepolisian segara menangkap dan mengamankan pakar telematika Roy Suryo atas unggahan foto stupa Candi Borobudur berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) di laman twitternya baru - baru ini. 

Husin Shihab yang juga Ketua Cyber Indonesia itu mengatakan hal ini setelah Bareskrim  menerima laporan yang dilayangkan Dharmapala Nusantara terkait unggahan sensitif tersebut. 

Dimana unggahan itu oleh banyak pihak dianggap sebagai pelecehan terhadap umat Buddha, sebab stupa adalah media yang dipakai untuk penyembahan terhadap sang Buddha. Selain itu eks Menpora itu juga dianggap telah menghina Kepala Negara.

Baca Juga: Sudah Dengar Roy Suryo Dilaporkan ke Polisi, Kuasa Hukumnya Nyeletuk: Laporan Kita Dulu Diproses! Biar Gak Salah Paham

"Supaya tidak menghilangkan barang bukti, RS mesti segera diamankan. Cc: @DivHumas_Polri @CCICPolri," kata Husin Shihab di akun twitter pribadinya dikutip Populis.id Selasa (21/6/2022). 

Adapun Dharmapala Nusantara memperkarakan Roy atas dugaan tindak pidana ujaran kebencian berdasarkan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA). Dia disinyalir melanggar Pasal 45 ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 156a KUHP. Laporan itu terdaftar dengan nomor STTL/184/VI/2022/BARESKRIM.

Husin Shihab mengapresiasi langkah Dharmapala Nusantara tersebut, menurutnya organisasi yang dibesut  Kevin Wu sudah menempuh jalur yang benar demi menjaga persatuan Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan agama. 

"Salut dan hormat kepada Kevin Wu yang peduli terhadap bangsa ini dengan melaporkan pelaku kebencian atas nama SARA," tukasnya. 

Unggahan Roy Suryo ini sempat menyulut amarah publik di media sosial, buntutnya dia dia dikecam  habis - habisan karena dinilai sudah kelewat batas. Dihuja sana - sini Roy  kemudian meminta maaf atas atas peristiwa tersebut setelah sebelumnya dia juga menghapus unggahan itu dengan berbagai dalih. 

“Saya ingin menyampaikan klarifikasi ini dan sekaligus dengan rasa pertanggungjawaban saya yang besar dengan sepenuh hati yang paling dalam saya mohon maaf kepada seluruh umat Buddha,” kata Roy Suryo lewat sebuah video yang diunggah di akun twitter pribadinya @KRMTRoySuryo2 dikutip Populis.id Jumat  (17/6/2022). 

Baca Juga: Ongkos Formula E Belum Lunas Dibayar, Penerus Anies Baswedan Bakal Diwarisi Beban Utang Rp90 Miliar

Roy mengatakan unggahannya itu  berpolemik dan menjadi gaduh karena ada provokasi dari pihak tertentu yang memang tidak suka dengan dirinya.  Dia mengaku tidak ada niatan untuk menyinggung umat Budha  

“Meski sudah Memohon Maaf adanya Kegaduhan akibat Provokasi BuzzerRp ini, Apapun yang terjadi saya bertanggungjawab, khususnya kepada Ummat Budha. Kasus ini gara-gara ada provokasi. Tidak ada satu niat saya pun untuk melakukan itu,” ujarnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover