PDIP: Rakernas Hari Kedua, Ini Yang Dibahas!

PDIP: Rakernas Hari Kedua, Ini Yang Dibahas! Kredit Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Sama seperti partai-partai pada umumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau yang biasa dikenal sebagai PDIP juga melakukan rapat kerja nasional (rakernas) yang dibuka pada Selasa 21 Juni 2022 hingga Kamis 23 Juni 2022. 

Rakernas di hari kedua Selasa ini diadakan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Pun Rakernas ini juga dihadiri oleh elite-elite politik PDIP. Dalam rapat ini dibuka oleh Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum PDIP dan Jokowi memberikan kata sambutan. 

Sebelum rapat ini diawali dengan Senam Indonesia Cita Tanah Air (Sicita). Tepat pukul 09.00 WIB. Adapun hasil Rakernas PDIP hari kedua yaitu membahas lebih detail dan kelanjutan dari Rakernas hari pertama. 

Pada rapat hari kedua membahas mengenai Pemilu 2024, lebih khususnya mengenai strategi pemenangan pemilu. Namun, perlu di highlight pada Rakernas ini tidak membahas mengenai Capres dan Cawapres 2024. Para kader dan yang lainnya tidak memiliki wewenang untuk menentukan kandidat Capres dan Cawapres 2024. Hak prerogatif menentukan capres-cawapres dipegang oleh Megawati sebagai Ketum PDIP

Baca Juga: "Tidak Ada Pembahasan Capres-Cawapres di Rakernas PDIP"

Baca Juga: Tak Mau Grasak-Grusuk, PDIP Diyakini Gak Mungkin Jadi Single Fighter di Pilpres

"Rakernas kali ini hanya mendapatkan perintah dari Ketua Umum Megawati untuk membahas pileg dan pilpres tetapi tidak capres dan cawapres," kata Bambang Pacul di sela-sela Rakernas PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022).

Lebih lanjut kemudian membahas mengenai keadilan sosial dan pengorganisasian wong cilik yang di mana materi ini disampaikan oleh Tri Rismaharini selaku Ketua DPP PDIP bidang kebudayaan yang juga menjabat sebagai Menteri Sosial 

Kemudian dilanjutkan dengan membahas strategi pemenangan Pemilu 2024, terkait struktur dan kerangka operasional pemenangan yang diisi oleh Ketua DPP PDIP bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, dan Wakil Sekjen bidang Pemerintahan Arif Wibowo. Strategi pemenangan Pemilu 2024 yang dilakukan oleh PDIP pun masih dirahasiakan yang jelas strateginya berbasis gotong royong karena pembahasan strategi hanya sebatas konsolidasi penguatan akar rumput. 

Dan yang dibahas terakhir adalah mengenai pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan elektoral Partai di Pemilu 2024 yang disampaikan oleh Budiman Sudjatmiko, Putra Nababan dan Bane Raja Manalu.

Rakernas ini pun akan berakhir besok Rabu 22 Juni 2022, dan akan disimpulkan secara keseluruhan hasil rapat dan menyepakati sejumlah rekomendasi untuk dikerjakan. 

Baca Juga: Terduga Penghina Iriana Diusir hingga Diarak Warga Setempat, Apa Benar?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover