Disindir UAH Gegara Rendang Babi, Gus Miftah Colek Balik, Makanan Khas Arab Dibawa - bawa: Saya Bicara Fakta, Kalau Marah, Maka…

Disindir UAH Gegara Rendang Babi, Gus Miftah Colek Balik, Makanan Khas Arab Dibawa - bawa: Saya Bicara Fakta, Kalau Marah, Maka… Kredit Foto: Instagram Gus Miftah

Penceramah Miftah Maulana Habiburrahman alis Gus Miftah angkat bicara setelah dirinya disindir Ustadz Adi Hidayat (UAH) yang menganggap omongannya saat mengomentari polemik restoran padang yang menjual rendang babi tak berfaedah. Di mana Gus Miftah berpandangan bahwa keberadaan makanan nonhalal itu sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan, sebab rendang tak punya agama.

Gus Miftah dengan tegas meminta Ustadz Adi Hidayat untuk menunjukan kesalahan yang ia buat atas pernyataan tersebut. Dia merasa omongannya yang menyebut rendang tak punya agama adalah pernyataan yang wajar - wajar saja. 

Baca Juga: Yenny Wahid Makin Terpojok Setelah Serang Balik Cak Imin, Kini Dapat Kata - kata Pedas dari Tokoh NU, Pasang Kuping Baik-baik!

"Salah saya di mana? Benda mati, kan, enggak punya agama. Saya membicarakan faktanya. Kalau teman-teman marah dan tersinggung, tentunya tidak ada niat untuk itu (bikin kegaduhan)," kata Gus Miftah dikutip Kamis (23/6/2022).

Pengasuh pondok pesantren Ora Aji ini kemudian memperkuat pernyataan rendang tak punya agama itu dengan mencontohkan kuliner khas Arab Saudi yakni nasi mandhi. Walau jenis makanan ini sudah sangat identik dengan umat Islam di Timur Tengah, namun nasi mandhi juga bisa disantap oleh kalangan nonmuslim. 

"Nasi mandhi yang terkenal di Arab, orang nonmuslim juga bisa makan nasi mandhi," ujar pendakwah yang berusia 41 tahun itu.

Kendati ngotot mempertahankan pendapatnya itu, namun pendakwah anti mainstream itu tatap meminta maaf jika ada yang tersinggung dengan omongannya tersebut.  

"Ya, kalau mau dilaporkan.... kalau itu menyinggung, jelas saya minta maaf," tukasnya. 

Baca Juga: Dikata-katain Ketum PKB, Jawaban Putri Gus Dur Nyelekit: Cak Imin Belum Tentu Bisa Bikin Partai, Bisanya Ambil Parpol Orang!

Sebelumnya, Ustadz Adi Hidayat turut menyoroti pernyataan penceramah Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah yang menyebut rendang tak punya agama.

Ustadz Adi Hidayat memberi jawab nyelekit. Dia menilai omongan tersebut tak berfaedah. Dia menegaskan banyak pihak yang geram dengan keberadaaan rendang babi itu sebab jenis kuliner yang satu ini memang sudah melekat dengan masyarakat Minangkabau.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini