Pengadilan Negeri Surabaya Izinkan Pernikahan Beda Agama, Kepala KUA Respon Begini, Simak!

Pengadilan Negeri Surabaya Izinkan Pernikahan Beda Agama, Kepala KUA Respon Begini, Simak! Kredit Foto: (iStock/Nadtochiy)

Kepala kantor urusan agama (KUA) Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya Abdul Wahid Boedin merespons pernikahan beda agama pasangan di Surabaya.

Pasangan itu diizinkan melaksanakan pernikahan beda agama melalui putusan hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Imam Supriyadi.

Abdul Wahid pun menyatakan pernikahan beda agama di Indonesia tidak dianggap sah oleh hukum, kecuali salah satu pihak mengikuti agama pihak lainnya.

Ketentuan itu sesuai Surat Edaran dari Mahkamah Agung tanggal 30 Januari 2019 No.231/PAN/HK.05/1/2019, poin 2 yang menjelaskan tentang pencatatan perkawinan beda agama.

“Perkawinan beda agama tidak diakui oleh negara dan tidak dapat dicatatkan,” kata Wahid, Selasa (21/6).

Baca Juga: Ada-ada Saja, Ade Armando Minta MK Kabulkan Permintaan Nikah Beda Agama! PA 212 Auto Sewot: Otak Itu Di Kepala, Bukan Di Dengkul!

Dia menjelaskan jika perkawinan tersebut dilaksanakan berdasarkan agama salah satu pasangan dan pasangan yang lain menundukkan diri kepada agama pasangannya, maka pernikahan itu dapat dicatatkan.

Lihat Sumber Artikel di Fajar Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Fajar. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini