Sambangi Rumah Dinas Anies Bareng Pengurus Nasdem, M. Taufik Udah Nggak Peduli Sama Gerindra

Sambangi Rumah Dinas Anies Bareng Pengurus Nasdem, M. Taufik Udah Nggak Peduli Sama Gerindra Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Pengamat Politik Citra Institute Efriza menilai pertemuan antara Anggota DPRD DKI Fraksi Partai Gerindra Mohamad Taufik dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak bisa sekadar disebut pertemuan rutin semata apalagi dianggap kebetulan ketemu.

Pertemuan yang berlangsung di Rumah Dinas Gubernur DKI, pada Selasa (21/6/2022) lalu itu dinilai sarat akan kepentingan politik, karena di saat bersamaan hadir juga beberapa pengurus Partai Nasdem untuk menyampaikan hasil Rakernas yang memberi dukungan terbesar kepada Anies untuk maju di Pilpres 2024.

Baca Juga: Anies Baswedan Ganti 22 Nama Jalan di Jakarta, Orang Dekat Ibu Mega Nyeletuk, Minta Pak Surya Paloh Dkk Bantu Sosialisasi

"Anies tentu sudah menjadwalkan pertemuan dengan pengurus Nasdem. Tak mungkin pertemuan penting Nasdem dengan Anies Baswedan mengikutsertakan politisi partai lain, jika tak ada kesamaan kepentingan," kata  Efriza dalam keterangannya, Jumat (24/6/2022).

Efriza menuturkan, pengakuan dan sikap M Taufik selama ini sudah memberi kejelasan bahwa dirinya merupakan bagian dari pendukung Anies. Ia juga dinilai sudah menunjukkan gede rasa, sebagai orang yang mensukseskan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sehingga ia juga merasa dapat membantu Anies Baswedan sebagai calon presiden.

"Jadi dari pertemuan ini disinyalir bahwa M. Taufik sudah menjalin kesepakatan secara verbal kepada Nasdem. Ia juga memiliki kesamaan persepsi dengan Nasdem sebagai pendukung Anies Baswedan di pilpres. Ini menunjukkan M. Taufik diperhitungkan dan diterima oleh Anies sebagai bagian dari kekuatan elite pendukung Anies Baswedan," tuturnya.

Efriza menilai dari pertemuan tersebut, M. Taufik ingin memberi pesan kepada Partai Gerindra bahwa karir politiknya tetap mentereng meski sudah dicampakkan oleh partainya sendiri.

Efriza meyakini M. Taufik sangat berpotensi menjadi bagian elit Partai Nasdem apabila dirinya sudah bersedia untuk menyatakan pindah partai. Saat ini, pasca dirinya dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI, M. Taufik masih tetap dinyatakan sebagai anggota. M. Taufik juga sudah bersedia apabila dirinya harus mengalami pergantian antar waktu (PAW).

Tak berselang lama dari penurunan jabatannya, M.Taufik dipecat secara sepihak oleh Majelis Kehormatan Partai (MKP) Gerindra dengan berbagai alasan. Status dirinya berakhir di Gerindra pun tinggal tunggu waktu saja.

"M. Taufik ingin menunjukkan kepada Gerindra, meski ia dicampakkan tetapi karier politiknya tidak terhenti. Ia sudah tak peduli terhadap Partai Gerindra tetapi masih memikirkan jabatannya semata," ungkapnya.

Sebelumnya, Tim Kerja Pemenangan Pemilu Nasdem Korwil Satu DKI Banten Bestari Barus mengaku sempat membicarakan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem saat kunjungannya ke rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2022).

Hal itu disampaikan oleh Bestari karena dirinya mengikuti Rakernas yang digelar di JCC Senayan beberapa waktu lalu. Dimana dalam Rakernas tersebut Anies Baswedan terpilih sebagai salah satu figur pilihan yang bakal diusung sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Bestari menyebut hasil ini sesuai dengan pilihan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) NasDem DKI Jakarta, yang pada Rakernas kemarin memang mengusulkan nama Anies Baswedan sebagai calon presiden.

"Jadi hal-hal yang berkembang di dalam Rakernas kita sampaikan, dinamika, serba-serbi foto-foto, gitu-gitu aja. Tapi tidak bergabung dengan Aceh," kata Bestari kepada wartawan, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Yenny Wahid Makin Terpojok Setelah Serang Balik Cak Imin, Kini Dapat Kata - kata Pedas dari Tokoh NU, Pasang Kuping Baik-baik!

Pertemuan dengan Anies kali ini semakin menarik, karena selain ditemani Dewan Pertimbangan DPW NasDem DKI Jakarta Mohamad Ongen Sangaji, dan politikus partai Gerindra M Taufik, ternyata kunjungannya kali ini bersamaan dengan kunjungan dari rombongan DPW Nasdem Aceh.

"Kami kan rutin, saya, Bang Taufik, Bang Ongen rutin ketemu dia dari dulu dulu. Kaitannya dengan Jakarta, tadi ngobrol juga soal Kemayoran PRJ," ucapnya.

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini