Zulkifli Hasan: Harga Minyak Goreng Curah Bakal Turun di Bawah Rp 14 Ribu

Zulkifli Hasan: Harga Minyak Goreng Curah Bakal Turun di Bawah Rp 14 Ribu Kredit Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menuturkan harga minyak goreng curah bakal turun hingga di bawah Rp 14 ribu per liter. Ia optimistis penurunan harga bakal dicapai seiring pasokan minyak sawit atau CPO yang semakin melimpah.

"Nanti bisa Rp 14 ribu kurang kalau sudah tiga minggu lagi. Kalau sudah banyak minyaknya nanti turun. Kalau stok banjir harga turun sendiri," kata Zulhas, sapaan akrabnya, saat ditemui di Kantor Pusat Kemendag, Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Zulhas menuturkan, meski harga akan semakin turun, pengusaha tak bakal kehilangan margi karena harga bakan baku CPO yang juga akan turun. Ia pun memastikan, akan terus mengecek langsung ketersediaan maupun harga minyak goreng di pasar tradisional.

Baca Juga: Usai Dilantik Jadi Mendag, Zulhas Rajin Sidak Pasar, Eh Malah Dibilang Jangan Gimik!

Titik penjualan minyak goreng curah sejauh ini masih terbatas di pasar tradisional. Penjualannya dikontrol langsung oleh distributor melalui aplikasi digital. Konsumen juga harus menunjukkan KTP untuk kebutuhan pendataan. Maksimal volume pembelian juga telah dinaikkan dari semula hanya 2 liter menjadi 10 liter.

Adapun saat ini terdapat dua distributor yang telah menjadi penyalur minyak goreng curah yakni Holding BUMN Pangan ID Food dengan aplikasi Warung Pangan serta PT Indomarco Adi Prima dengan aplikasi Gurih Pasar Curah.

"Sekarang sudah ada sekitar 14 ribu titik penjualan. Ya semakin banyak semakin bagus yang menjual minyak goreng," ujar dia.

Baca Juga: Berencana untuk Meluncurkan Program ‘Minyak Kita’, Zulhas Berharap Tidak Akan Ada Lagi...

Zulhas menambahkan, penjualan minyak goreng curah juga akan diperluas hingga ke toko ritel modern. Pasalnya, nanti akan tersedia minyak goreng curah namun dalam kemasan dan tetap dihargai Rp 14 ribu. Saat ini, penyediaan minyak curah kemasan itu masih dalam proses pembahasan bersama para industri.

Baca Juga: Paloh Nggak Bisa Hadir di Pernikahan Putra Jokowi Karena Alasan Sakit, Ada yang Nyeletuk: Sebagai Petarung, Kecil Kemungkinan Dia...

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover