PDIP Ogah Koalisi Dengan PKS dan Demokrat? Kenapa Ya?

PDIP Ogah Koalisi Dengan PKS dan Demokrat? Kenapa Ya? Kredit Foto: Taufik Idharudin

Jelang pemilu 2024, sejumlah partai sudah mengambil langkah untuk bergabung dengan partai politik lain membentuk koalisi baru guna memenangkan pemilu 2024. Namun ada satu partai yang belum membentuk ataupun tergabung koalisi, PDIP. Desas-desus soal koalisi, benarkah PDIP ogah berkoalisi dengan PKS dan Demokrat?

Sebelumnya, PDIP adalah salah satu partai politik yang sudah eksis sejak lama sehingga namanya masih melekat di masyarakat. Megawati selaku ketua umum PDIP dalam Rakernas PDIP menyebutkan kalau di Indonesia tidak ada istilah koalisi, karena istilah koalisi hanya untuk negara yang menganut sistem Perdana Menteri, dan di Indonesia seharusnya menggunakan istilah kerja sama.

Hal ini menyiratkan PDIP tak ingin menjalin koalisi, tetapi sebatas kerja sama dengan partai politik untuk mengusung calon presiden dan wakil presiden. Namun PDIP pun juga tidak menutup kemungkinan membuka kerja sama bareng partai politik lainnya.

Lebih lanjut apakah alasan PDIP enggan berkoalisi dengan Demokrat dan PKS?

  • Kultur Pendukung Berbeda

Meski terbuka untuk bekerja sama dengan partai politik lain, namun PDIP “menutup gerbang” dengan Partai Demokrat lantaran kultur pendukung yang berbeda.

Hasto Kristiyanto selaku Sekretaris Jenderal DPP PDIP mengatakan, memang tidak mudah untuk bekerja sama dengan Partai Demokrat karena dalam berbagai dinamika politik menunjukkan hal itu.

Baca Juga: PDIP Ogah Kerja Sama, Jubir PKS: Janganlah Terlalu Berlebihan

Mayoritas pendukung PDIP adalah wong cilik atau orang kecil. Pun banyak konflik internal yang terjadi di dalam partai tersebut yang menyebabkan PDIP enggan berkoalisi.

"Koalisi harus melihat emosional 'bonding' pendukung PDI, pendukung PDIP adalah rakyat wong cilik yang tidak suka berbagi bentuk kamuflase politik. Rakyat itu apa adanya, rakyat yang bicara dengan bahasa rakyat, sehingga aspek-aspek historis itu tetap dilakukan," kata Hasto.

  • Ogah Berkoalisi Dengan PKS

Ketika ditanya di sela- sela Rakernas, dengan lantang Hasto mengatakan, kalau dengan PKS tidak. Seorang pengamat politik, Refly Harun menilai penyebab PDIP enggan berkoalisi dengan PKS karena berkaitan dengan ideologi. Di mana PDIP berbeda ideologis dengan PKS.

  • Ingin Terjun Langsung

Saat  ini memang  PDIP tidak masuk ke dalam pusaran koalisi yang kini coba dibangun oleh parpol.

Namun, , PDIP memiliki keyakinan bahwa jalan yang harus ditempuh saat ini adalah turun ke bawah dan menyerap aspirasi masyarakat

  • Begini Tanggapan PKS

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menghormati sikap dan keputusan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang menegaskan tidak akan berkoalisi dengan partai yang dipimpin Ahmad Syaikhu.

 "Tentu itu adalah hak prerogatif, hak kedaulatan partai PDIP untuk tidak mau berkoalisi dengan PKS," ujar jurubicara PKS, M Kholid kepada wartawan, Jumat, 24 Juni.

"Kami sebagai sesama anak bangsa mengingatkan ada pepatah jawa yang mengatakan ngono ning ngono yo ojo ngono, jangan lah terlalu berlebihan dalam bersikap," kata Kholid.

 Baca Juga: PDIP tak Mau Berkoalisi, Gimana Ya Jawaban PKS?


Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini