Kebijakan Baru, Beli Migor Curah Harus Pakai PeduliLindungi?

Kebijakan Baru, Beli Migor Curah Harus Pakai PeduliLindungi? Kredit Foto: Viva

Pemerintah menetapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk pembelian minyak goreng curah. Kebijakan ini sontak mendapat kritik keras dari Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. 

Sebab, penggunaan PeduliLindungi untuk membeli minyak goreng curah hanya menyusahkan rakyat, kata legislator Fraksi PKS itu. 

"Pemerintah harus benar-benar cermat dalam mengambil opsi kebijakan bagi masyarakat. Jangan menerapkan kebijakan yang menyusahkan rakyat," ucap Mulyanto dalam keterangan pers, Senin (27/6). 

Baca Juga: Ogah Beli Minyak Goreng Curah Pakai NIK, Warga Ini Takut Datanya Dipakai Buat Pinjol: Minjem Enggak, Eh Disuruh Bayar!

Akar masalah migor, lanjutnya, sebenarnya berada di sisi produksi dan distribusi, bukan adanya lonjakan konsumsi. 

"Pemerintah jangan gonta-ganti kebijakan tata-niaga migor curah secara trial by error alias coba-coba, namun tidak menyelesaikan masalah," bebernya. 

Menurut Mulyanto, pemerintah seharusnya bisa membuat kebijakan yang bisa membanjiri pasar dengan migor curah secara cukup dengan harga sesuai HET (harga eceran tertinggi). 

Baca Juga: Sekarang Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi, Jleb! Menteri Luhut Kena Dicap yang Enggak-Enggak

Kenyataanya, kata Mulyanto, kondisi yang ada sekarang ini janggal. Stok CPO dikatakan berlimpah di tangki penyimpanan, dan harga TBS sawit rakyat anjlok mendekati Rp 500 per kilogram. 

Akan tetapi, katanya, masih terjadi kelangkaan migor curah dan dengan harga yang jauh di atas HET. 

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan JPNN.com.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover