Mahasiswa Bakal Geruduk DPR, Sufmi Dasco Buka-bukaan Soal Draft RKUHP: Sudah Pernah Dibahas...

Mahasiswa Bakal Geruduk DPR, Sufmi Dasco Buka-bukaan Soal Draft RKUHP: Sudah Pernah Dibahas... Kredit Foto: Instagram/sufmi_dasco

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menanggapi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) yang akan menggelar demonstrasi di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). 

Demonstrasi ini meminta agar draft Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) dibuka ke publik. Pasalnya, yang ada saat ini adalah draft tahun 2019 lalu. 

Dasco mengatakan bahwa demonstrasi tersebut sah dan konstitusional. Menurutnya, mengemukakan pendapat di muka umum adalah hak setiap warga negara, termasuk mahasiswa.

"Demonstrasi itu hak setiap warga negara dan dijamin Undang-undang Dasar (UUD). Mengemukakan pendapat itu konstitusional," katanya di Gedung Nusantara III DPR RI, Selasa (28/06/2022).

Baca Juga: Minta Draft RUU KUHP Dibuka ke Publik, BEM UI Siap Jemput Ketua DPR Keluar Dari Senayan

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan bahwa DPR akan menerima aspirasi mahasiswa. Nantinya, kata dia, aspirasi tersebut akan dibahas dengan komisi terkait yakni Komisi III DPR RI.

"Dan kepada teman-teman yang melakukan unjuk rasa kita akan perhatikan aspirasinya dan akan kami koordinasikan komisi teknis terkait dalam hal ini Komisi III DPR," paparnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover