Fakta - Fakta Terkait Pembelian BBM Menggunakan Aplikasi MyPertamina, Apa Saja Ya?

Fakta - Fakta Terkait Pembelian BBM Menggunakan Aplikasi MyPertamina, Apa Saja Ya? Kredit Foto: Warta Ekonomi

Pemerintah melalui PT Pertamina akan menerapkan aturan baru pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) Khusus Penugasan (JBKP) atau BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar. Masyarakat yang ingin mendapatkan BBM jenis ini harus terdaftar di sistem MyPertamina. Pembeli BBM Subsidi diminta mendaftar ke website MyPertamina mulai 1 Juli 2022 ini.

Tujuan diterapkannya aturan ini adalah supaya masyarakat yang benar-benar butuh dan berhak bisa mendapatkannya dan agar penyaluran BBM ini tepat sasaran guna meminimalisir kecurangan-kecurangan yang terjadi. 

Baca Juga: Siap-siap! KPK Mengendus Dugaan Korupsi di Pertamina

Aturan kebijakan baru ini menuai banyak pro dan kontra di masyarakat pasca diumumkan ke publik. Selain itu, Pertamina Patra Niaga sebagai Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) berusaha untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) yang sangat terjangkau untuk seluruh masyarakat. Dan juga kebijakan ini juga sudah diatur dalam Peraturan Presiden No. 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas No. 4/2020. 

Lebih lanjut, berikut ini fakta-fakta terkait pembelian BBM menggunakan aplikasi MyPertamina: 

Uji Coba di 5 Provinsi 

Pemerintah akan melakukan uji coba pembelian BBM pertalite dan solar di 5 Provinsi di Indonesia. 5 provinsi tersebut adalah Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Sumatera Barat, sistem pembelian khusus bagi konsumen terdaftar berlaku di Kota Bukit Tinggi, Padang Panjang, dan Tanah Datar.

Kemudian di Kalimantan Selatan, kebijakan berlaku di Kota Banjarmasin. adapun di Jawa Barat, kebijakan ini akan diterapkan di Kota Bandung, Tasikmalaya, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Ciamis.

Selanjutnya di Sulawesi Utara, aturan yang sama akan berlaku di Kota Manado. Sedangkan di Daerah Istimewa Yogyakarta, penerapan ini akan berlaku di Kota Yogyakarta

Baca Juga: Dikit-dikit Ngarepin Subsidi, PLN dan Pertamina Bikin Jokowi Dongkol: Kok Enak Banget!

Hanya Daftar di Website, Tak Perlu Membawa Handphone Saat Membeli 

Ini sebagai salah satu hal yang perlu di highlight oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang masih terkecoh dengan kalimat 'Membeli BBM pake aplikasi MyPertamina' padahal masyarakat hanya perlu mendaftarkan data diri di website MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/ mulai 1 Juli 2022. 

Setelah daftar dan jika mau beli bensin tunjukkan QR Code saja yang bisa pakai HP atau QR tersebut bisa di print atau bisa di cek pakai nomor polisi. Jadi tidak perlu memakai aplikasi. 

Jenis Pembayaran Apapun Bisa Digunakan 

Hal ini juga menjadi salah satu permasalahan masyarakat terkait pembelian pertalite atau solar menggunakan aplikasi. Jadi untuk pembayaranpun, masih sama dengan transaksi seperti biasa. Masyarakat memiliki banyak opsi, mulai dari pembayaran tunai (uang cash), kartu kredit/debit, ataupun pilihan non tunai lainnya, tidak terbatas hanya menggunakan MyPertamina. 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini