Ingin Beli Pertalite dan Solar Subsidi di MyPertamina? Begini Cara Daftanya

Ingin Beli Pertalite dan Solar Subsidi di MyPertamina? Begini Cara Daftanya Kredit Foto: Warta Ekonomi

Mulai 1 Juli 2022, pembeli Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi wajib memakai aplikasi MyPertamina. Lalu bagaimana cara daftar MyPertamina itu?

Kewajiban ini khusus untuk pelanggan yang membeli Solar Subsidi atau Pertalite khusus roda 4. Adapun tata cara daftar MyPertamina untuk beli BBM bersubsidi adalah dengan mengunjungi situs https://subsiditepat.mypertamina.id/ 

Baca Juga: Fakta - Fakta Terkait Pembelian BBM Menggunakan Aplikasi MyPertamina, Apa Saja Ya?

Berikut ini langkah pendaftaran MyPertamina:

1. Buka website https://subsiditepat.mypertamina.id/ 

2. Siapkan dokumen berupa KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya (NPWP untuk kendaraan perusahaan)

3. Centang informasi memahami persyaratan

4. Klik "daftar sekarang"

5. Ikuti instruksi selanjutnya

6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala

Apabila sudah terkonfirmasi, download kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Pengguna Solar Subsidi yang perlu mendaftarkan diri di aplikasi MyPertamina ini telah diatur berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Mereka adalah pengguna transportasi darat mulai dari kendaraan pribadi, plat kuning, angkutan barang hingga ambulance dan mobil jenazah.

Selain itu, sektor usaha perikanan, pertanian, mikro/UMKM, layanan umum/pemerintah dan transportasi air juga perlu memakai My Pertamina untuk beli solar subsidi.

Sementara itu konsumen pengguna pertalite yang dimaksud masih dalam tahap penerbitan revisi Perpres No 191 tahun 2014.

Harap tenang dan tidak perlu buru-buru, sebab penerapan kebijakan pemakaian aplikasi MyPertamina ini baru dimulai di 5 provinsi, yaitu:

1. Sumatera Barat

2. Kalimantan Selatan

3. Sulawesi Utara

4. Jawa Barat

5. DI Yogyakarta

Menurut penjelasan Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina. Karena pendaftaran dilakukan semua di laman MyPertamina subsiditepat.mypertamina.id.

Menurutnya, pengguna yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya kemudian akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan.

"Pengguna terdaftar akan mendapatkan kode QR khusus yang menunjukkan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar," ujar Alfian.

Demikian cara daftar MyPertamina untuk beli BBM bersubsidi yaitu Solar Subsidi atau Pertalite khusus roda 4.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini