Pengubahan Nama Jalan, Apa Dampaknya Buat Masyarakat?

Pengubahan Nama Jalan, Apa Dampaknya Buat Masyarakat? Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Baru-baru ini Anies Baswedan mengganti 22 nama jalan di Jakarta. Pengubahan nama jalan tersebut diambil dari nama-nama tokoh Betawi dengan tujuan mengenang tokoh-tokoh Betawi. Anies menyatakan dengan diabadikannya nama para tokoh sebagai nama jalan membuat jasanya akan selalu dikenang, terutama bagi generasi muda. 

Lalu apakah ada dampak dari pengubahan nama jalan ini? Berikut ini penjelasannya: 

Baca Juga: Anies Baswedan Tutup 12 Outlet Holywings, Prof Henri Subiakto: Mengikuti Kepentingan dan Kalkulasi Politik

Perubahan Data Dokumen Administrasi

Pengubahan nama jalan tentu berdampak pada berubahnya data dokumen administrasi seperti kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), dan kartu identitas anak (KIA). Namun tak perlu khawatir, masyarakat tak usah buru-buru mengganti dokumen administrasi karena nama jalan baru otomatis tercantum ketika warga mengurus KTP baru. Warga juga dapat mengurus perubahan data KTP. Sama halnya dengan dokumen yang lainnya seperti KK dan KIA. 

Baca Juga: Diam-diam Ubah 22 Nama Jalan, Anies Baswedan Justru Tak Masukkan Nama Tokoh yang Paling Berjasa Buat DKI, Ketua DPRD Naik Darah!

Perubahan STNK Secara Bertahap 

Melansir dari republika, masyarakat yang terkena dampak perubahan 22 nama jalan di DKI Jakarta tidak wajib mengganti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Namun, perubahan data nama jalan di STNK akan disesuaikan dan bertahap. Masyarakat yang terkena dampak perubahan 22 nama jalan tidak diwajibkan mengubah STNK, tetapi data perubahan nama jalan yang akan kami sesuaikan. Pun perubahan STNK secara total akan dilakukan setelah tahun kelima atau saat pembaruan STNK Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Gratis Mengubah Dokumen 

Dampak terakhir dari perubahan nama jalan adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjanjikan tidak akan mengenakan biaya alias gratis apabila masyarakat ingin mengubah dokumen administrasi termasuk di dalamnya KK, KTP, KIA, maupun STNK dan lain sebagainya. 

Jadi, itulah 3 dampak dari perubahan 22 nama jalan. Apakah kamu sudah mengubah dokumen administrasi keseluruhan?

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini