Diberondong 18 Pertanyaan, Roy Suryo Ngaku Pak Polisi Hanya Nanya Soal Akun Pembuat Meme Stupa Borobudur

Diberondong 18 Pertanyaan, Roy Suryo Ngaku Pak Polisi Hanya Nanya Soal Akun Pembuat Meme Stupa Borobudur Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo selesai jalani pemeriksaan di Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Ia diperiksa sebagai saksi pelapor atas unggahan meme stupa Candi Borobudur dengan wajah menyerupai Presiden Joko Widodo.

"Pemeriksaannya dari jam dua siang sampai sekitar jam lima sore, intinya tadi saya mendukung penuh pelaporan dari Pak Pitra Romadhoni yang melaporkan tiga akun pengunggah awal," kata Roy Suryo di Polda Metro Jaya, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Dugaan Penistaan Agama Buddha oleh Roy Suryo, Polisi Sampaikan Kabar Buruk, Eng-Ing-Eng

Dalam pemeriksaan yang berlangsung tiga jam, Roy mengaku dirinya diberondong 18 pertanyaan oleh tim penyidik. Seluruh pertanyaan itu berkaitan dengan tiga akun yang menjadi terlapor dari laporan kuasa hukum Roy Suryo.

"Bukti saya adalah saya ditanya sampai dengan sekitar 18 pertanyaan, khusus ke saya soal tiga akun itu yang ditanyakan ke saya," tuturnya.

Saat diperiksa, Roy mengaku ikut memberi petunjuk kepada kepolisian terkait sosok dibalik tiga akun yang pertama kali mengunggah meme stupa Candi Borobudur mirip Jokowi. Langkah itu pun mendapat apresiasi dari penyidik.

"Karena saya tidak hanya menyebut nama akunnya, tidak hanya menyebut tanggal berapa dia posting, tapi melacak jejak digitalnya sehingga nama orang aslinya akun yang pertama yang mengupload pada tanggap 7 juni 2022 itu sudah diketahui oleh kepolisian," terangnya.

Tidak hanya itu, tiga orang yang jadi terlapor itu pun berhasil diungkap sejadi-jadinya oleh Roy Suryo sampai dengan nomor telepon dan panggilan sehari-harinya di WA group.

"Lengkap dengan nomor telephonenya, lengkap dengan profesinya dia apa, lengkap dengan fotonya, dan lengkap dengan nama panggilan dia di WA group dia semuanya clear," ungkapnya.

Baca Juga: Ada Gubernur Rela Makan Gading Babi yang Penting Jadi Presiden, Celetukan Bang Ferdinand Seram Banget!

Roy menegaskan kembali, bahwa kedatangannya ke Polda hari ini diperiksa sebagai saksi pelapor bukan terlapor. Ia mengaku hingga saat ini dirinya belum menerima satu panggilan pun dari pihak kepolisian.

"Saya datang selaku saksi pelapor, yang melaporkan Pak Pitra Romadhoni dan sampai hari ini saya belum ada panggilan apapun yang lain," tegasnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover