PKB Dan Gerindra Berkoalisi? Ini 3 Faktanya!

PKB Dan Gerindra Berkoalisi? Ini 3 Faktanya! Kredit Foto: Instagram/Anik Maslachah

Menyongsong dinamika pemilu 2024 dan pemilihan presiden, membuat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memutuskan untuk berkoalisi. Keputusan untuk berkoalisi bukan tanpa sebab, kedua partai sudah memiliki alasan mengapa ingin berkoalisi. Pun PKB yakin dengan berkoalisi bersama Gerindra akan membawa keberuntungan di kontes pemilu 2024 mendatang. 

Keputusan ini dihasilkan setelah H Muhaimin Iskandar selaku ketua umum PKB bertemu langsung dengan Prabowo Subianto selaku ketua umum Partai Gerindra. Meski begitu, tidak 'menutup pintu' buat partai lain yang ingin bergabung. 

Baca Juga: Usai Cak Imin Berseteru dengan Yenny Wahid, Elektabilitas PKB Malah Masuk Tiga Besar Salip Golkar

Lalu apa saja fakta-fakta terkait PKB dan Gerindra yang berkoalisi? 

  • Akan Mengusung Prabowo dan Cak Imin 

Dari koalisi kedua partai ini PKB dengan Gerindra rencananya di 2024 akan mengusung Prabowo dan Ketua Umum Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Namun, belum ditentukan siapa yang menjadi calon presiden atau calon wakil presiden. 

Meski Prabowo sempat kalah 2 kali di pemilu sebelumnya, namun tidak menjadi halangan buat Prabowo kembali mencalonkan diri di pemilu 2024. 

  • Sinyal Sudah 95% 

Melansir dari lombokpost, PKB dan Gerindra sudah memiliki sinyal 95% yang artinya bisa dipastikan all in politik 2024 akan menjalankan tugas bersama. Namun deklarasi koalisi hingga hari ini pun belum disampaikan. Deklarasi kemungkinan akan dilakukan di tahun depan (2023). 

"Kita cari waktu yang pas. Tidak terlalu maju, tapi juga tidak terlalu telat. Ya kira-kira mungkin 2023 lah," ujar Jazilul selaku Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

  • Di Luar Pemberitaan Media Komunikasi Sudah Lengket

Baca Juga: Menohok! Sindir Sekjen Gerindra, Tifatul Sembiring: Kalau Bos Anda, Lupa Gak Sama Pendukungnya?

Di luar pemberitaan media, komunikasi PKB dan Gerindra sudah intens dan lengket. Bahkan salam beberapa bulan kebelakang komunikasi semakin intens. 

"Alhamdulillah kita sudah mencapai titik-titik pertemuan, titik-titik kerja sama, titik-titik kesepakatan, di mana kita secara garis besar menyatakan keinginan kita masing-masing untuk bersama-sama, bekerja sama dengan erat untuk menghadapi tanggung jawab kenegaraan tersebut, yaitu Pilpres, Pileg, dan Pilkada tahun 2024," ujar Prabowo yang dilansir dari liputan6. 

Sementara itu, Gus Muhaimin mengatakan bahwa PKB dan Gerindra siap bekerja sama secara utuh dan menyeluruh dalam menghadapi dan menyiapkan pilpres, pileg dan pilkada di 2024. 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini