Perjalanan Karir Politik Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo

Perjalanan Karir Politik Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo Kredit Foto: Hafidz Mubarak A

Kabar duka datang dari dunia politik, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari ini tepatnya pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta. 

Sebelum meninggal beliau usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu dikarenakan mengidap penyakit infeksi paru-paru. Kita doakan semoga amal dan ibadah beliau diterima Tuhan yang maha esa dan mendapatkan tempat terbaik. 

Sebelum menjabat sebagai Menteri PAN RB, begini perjalanan karir politik Tjahjo Kumolo

Baca Juga: Fadli Zon Kenang Sosok Tjahjo Kumolo: Beliau Rendah Hati dan Mudah Berdialog

  • Anggota DPR-RI (2009-2014) 

Pria kelahiran 1957 ini pernah menjabat sebagai anggota DPR-RI di tahun 2009 hingga 2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

  • Menteri Dalam Negeri Indonesia (2014-2019) 

Setelah masa jabatan di DPR selesai, Tjahjo Kumolo melanjutkan karir politiknya yakni sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia saat Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Tjahjo Kumolo mulai menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019. Mengejutkan lagi, Jabatan Menteri Dalam Negeri Indonesia dipilih langsung oleh Presiden Jokowi. 

Menjelang detik-detik berakhir masa jabatan, Tjahjo Kumolo sempat menjadi Plt Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia selama 20 hari dari tanggal 1 hingga 20 Oktober 2019. 

  • Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (2019-2022) 

Lalu jabatan terakhir yang dipegang oleh Tjahjo Kumolo sebelum meninggal dunia adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (Menteri PAN RB) pada masa Kabinet Indonesia Maju. Selama bertugas sebagai menteri, Tjahjo Kumolo melakukan menyelaraskan kebutuhan anggaran pada jabatan yang terdampak penyederhanaan birokrasi, membereskan masalah KTP, menyelesaikan perda tumpang tindih, melakukan internalisasi Pancasila dan lain-lain. 

Baca Juga: Jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo Tiba di Rumah Duka, Diselimuti Bendera Merah Putih

Di luar 3 karir politik luar biasa di atas, Tjahjo Kumolo juga pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI (1 Tahun), Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI (2 Tahun), dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan RI (6 Tahun), Ketua Tim Kerja sama Parlemen Indonesia - Jepang (3 Tahun), Wakil Ketua Tim Lumpur Lapindo DPR RI, dan masing banyak lagi. 

Pria alumni fakultas hukum UNDIP ini memang memiliki pengalaman dan track record yang bagus dalam dunia politik. Karirnya dalam politik memang tidak bisa dianggap remeh. Melansir dari website pribadinya, Tjahjo Kumolo dalam berkarir sebagai politikus memegang prinsip “taat nurut instruksi”. Dan terbukti Tjahjo memang loyalis pada pemimpin yang menugasinya. Pun berbagai penghargaan pernah diterima Tjahjo Kumolo di antaranya Bintang Penghargaan Kerajaan Sulawesi, dan Bintang Penghargaan Pemda Provinsi Sulawesi Selatan, serta lain-lain

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini