Kenang Sosok Menteri Tjahjo Kumolo, Buka-bukaan KSP Moeldoko, Terus Ngomong: Saya Berdoa Semoga Beliau Masuk Surga

Kenang Sosok Menteri Tjahjo Kumolo, Buka-bukaan KSP Moeldoko, Terus Ngomong: Saya Berdoa Semoga Beliau Masuk Surga Kredit Foto: Taufik Idharudin

Kepala Kantor Staff Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo. Ia mendoakan agar Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu masuk surga.

"Saya sekeluarga ikut berduka cita atas meninggalnya sahabat saya bapak Tjahjo Kumolo. Saya berdoa semoga beliau masuk surga dan saya juga berharap masyarakat Indonesia bisa memaafkan apabila beliau ada kesalahan," katanya kepada awak media pada Jumat (01/07/2022).

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Melekat dengan Sosok Yang Teladan, Ridwan Kamil: Semoga Menjadi Inspirasi Bagi Kita Semua...

Ia menegaskan bahwa Indonesia sangat berduka atas wafatnya Menteri Tjahjo. Sebab, semasa hidupnya Politisi PDI Perjuangan itu sangat berusaha untuk mewujudkan aparatur negara yang unggul.

"Yang jelas kita semua bangsa Indonesia kehilangan tokoh besar, tokoh nasional dan saya sangat tau beliau dalam pengabdiannya sungguh-sungguh ingin memajukan aparatur negara yang unggul. Dan usaha keras beliau dalam upaya reformasi birokrasi kita akui," terangnya.

Baca Juga: Jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo Tiba di Rumah Duka, Diselimuti Bendera Merah Putih

Tak hanya soal tugas kenegaraan, Moeldoko juga sangat dekat dengan Tjahjo secara kepribadian. Ia mengungkapkan bahwa almarhum merupakan sosok yang mudah bergaul dengan siapapun.

"Aecara pribadi saya sangat dekat dengan beliau. Beliau orangnya humble, konsen dengan pekerjaan dan konsepnya selalu feauture, sangat memahami bagaimana perkembangan kedepannya. Saya selalu diberi catatan-catatannya itu mengesankan bagi saya," terangnya.

"Kedekatan saya dengan beliau yang selama ini memiliki emosi yang tinggi atas pekerjaan yang selama ini kita kerjakan sama sama," sambungnya.

Baca Juga: Innalillahi, Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo,  meninggal dunia.  Sebelum meninggal dunia, Tjahjo Kumolo memang sempat mendapat perawatan intensif karena mengalami infeksi paru-paru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai menunjuk Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, untuk menggantikannya sementara waktu.

Baca Juga: Puan Maharani Berduka: Saya Memanggilnya Om Tjahjo, Kedekatan Kami...

Beberapa waktu lalu, kondisi kesehatan Tjahjo Kumolo juga disebut sempat membaik, namun masih harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo,  tiba di rumah duka pukul 13.40 WIB. Jenazah Tjahjo dibawa menggunakan mobil jenazah milik Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Suasana rumah duka nampak ramai oleh awak media dan juga Polri-TNI. Mereka berjaga dari mulai pintu masuk komplek perumahan hingga di rumah Menteri. Tampak pula mobil jenazah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengikuti di belakang mobil jenazah TNI.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover