Bertemu Dengan Putin, Ini Beberapa Hal Yang Dibicarakan oleh Jokowi!

Bertemu Dengan Putin, Ini Beberapa Hal Yang Dibicarakan oleh Jokowi! Kredit Foto: Biro Pers Presiden

Tempo lalu, 30 Juni 2022 Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Rusia dan kunjungan tersebut membuahkan hasil. Jokowi bertemu dengan Valdimir Putin selaku Presiden Rusia dan sudah melakukan pembahasan mengenai kerjasama bilateral terkait masalah Ukraina termasuk masalah pangan. 

Adapun beberapa hasil yang sudah dibicarakan oleh Jokowi saat kunjungan ke Rusia yang telah dilansir dari suaracom: 

 Membahas kelanjutan konflik dengan Ukraina

Kunjungan Jokowi ke Kremlin didahului dengan melawat sosok presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. Jokowi berupaya untuk membuka dialog damai antara Putin dan Zelenskyy, kendati ia nilai situasi konflik terkini cukup rumit.

Jokowi juga telah mengajukan diri sebagai jembatan komunikasi antara kedua pemimpin yang tengah berseteru tersebut.

Terkait dengan Ukraina, Putin berjanji akan membahas secara detil mengenai konflik dan penyelesaiannya.

Ketika kita berbicara melalui telepon, Anda menyatakan keprihatinan dan minat dalam masalah penyelesaian krisis di Ukraina, di Donbass," ujar Putin dalam pertemuan dengan Jokowi.

Secara alami, saya akan memberi tahu Anda secara rinci tentang segala sesuatu yang terjadi di sana dan tentang perspektif kami tentang masalah ini," lanjut Putin.

Baca Juga: Komentari Pertemuan Jokowi dengan Presiden Rusia, Denny Siregar: Putin Itu Ngerti Banget, Mana Tamu yang Dia Sukai dan Mana yang Tidak

 Putin berencana bangun proyek nuklir di Indonesia

Hasil selanjutnya dari pertemuan tersebut adalah ketertarikan dan keinginan Putin untuk menjalin kerjasama terkait dengan proyek industri nuklir. Putin mengaku akan mengembangkan industri tenaga nuklir di Indonesia.

"Banyak perusahaan kami, termasuk perusahaan energi, beroperasi di Indonesia. Ada ketertarikan untuk mengembangkan industri tenaga nuklir nasional," kata Putin.

Ada beberapa perusahaan yang tertarik untuk mengambil bagian dalam proyek tersebut. Putin juga memberi peluang untuk kerjasama pemanfaatan nuklir di berbagai bidang seperti kesehatan dan agraria.

"Dengan pengalaman unik, kompetensi, dan teknologi yang tak tertandingi, Rosatom State Corporation bersedia mengambil bagian dalam proyek bersama. Termasuk proyek yang terkait dengan penggunaan non-energi teknologi nuklir, misalnya, di bidang kedokteran dan pertanian," kata Putin.

Jamin pasokan pangan dan pupuk

Jokowi juga menekankan urgensi keterlibatan Rusia dalam memasok suplai pangan dan pupuk yang penting bagi negara-negara dunia. Sontak, Putin berjanji akan menjamin keamanan pasokan pangan dan pupuk global.

“Saya menghargai bahwa Putin mengatakan bahwa Rusia menjamin keamanan pasokan makanan dan pupuk tidak hanya dari Rusia tetapi juga dari Ukraina,” ujar Jokowi

 Transportasi wisata Moskow-Bali akan dibuka

Baca Juga: DPR Sebut Pertemuan Jokowi dengan Zelenskyy dan Putin Dapat Berdampak Positif Jika Negara Barat Turunkan Ego

Bahasan Jokowi dengan Putin juga berkutat dalam urusan pariwisata. Guna mempermudah wisata antar kedua negara, Putin berencana akan memberikan bebas visa bagi para pelancong dan membuka pintu penerbangan dari Moskow langsung ke Bali.

Kami sedang mendiskusikan kemungkinan melanjutkan layanan udara langsung antara Moskow dan pulau resort Bali,” kata Vladimir Putin.

Akankah Putin Bantu Proyek IKN? 

Putin juga mengungkapkan bahwa Rusia akan siap membantu proyek persiapan Ibu Kota Negara (IKN) RI yang baru. Ia percaya diri bahwa Rusia telah memiliki kapabilitas melalui BUMN Russian Railways untuk menyediakan proyek transportasi di IKN.

"Kami memiliki banyak potensi kerjasama bisnis dalam pengembangan infrastruktur transportasi dan logistik. Misalnya, Russian Railways dapat mengambil bagian dalam mengimplementasikan inisiatif skala besar Indonesia untuk memindahkan ibu kota negara ke pulau Kalimantan," ujar Putin. 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini