Ukraina Bantah Zelenskyy Titip Pesan ke Putin Lewat Jokowi, Netizen Ramaikan Tagar Memalukan: Ngibulnya Go Internasional!

Ukraina Bantah Zelenskyy Titip Pesan ke Putin Lewat Jokowi, Netizen Ramaikan Tagar Memalukan: Ngibulnya Go Internasional! Kredit Foto: ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Hal itu diungkapkan Jokowi melalui media sosialnya pada Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Wow.. Enggak Nyangka, Ternyata Jokowi Satu-satunya Kepala Negara yang Lakukan Hal Ini Saat ke Rusia dan Ukraina!

“Saya telah menyampaikan pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin dan menyatakan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut,” tulis Jokowi.

Namun, Kantor Presiden Ukraina menyatakan bahwa Zelenskyy hanya akan menyampaikan pesan secara terbuka, termasuk kepada Putin.

Awalnya, Serhii Nikiforov selaku sekretaris pers untuk Kantor Presiden Ukraina, menjelaskan kalau fokus pembicaraan Jokowi dengan Zelenskyy adalah soal blokade pelabuhan Ukraina.

“Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden (Indonesia dan Ukraina) di Kiev,” ujarnya dikutip Populis.id dari Ukrainska Prayda, Minggu (3/7/2022).

Ia kemudian mengatakan Rusia harus bertanggung jawab atas krisis pangan yang dapat terjadi, kecuali jika blokade pelaburan Ukraina tersebut segera dicabut.

Nikiforov mengatakan, “Rusia bertanggungjawab penuh atas gangguan ekspor (gandum Ukraina) ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia. Dan Rusia juga harus bertanggung jawab atas krisis pangan yang bisa terjadi, kecuali blokade pelabuhan Ukraina segera dicabut.”

Nikiforov menegaskan bahwa hal itulah yang didiskusikan secara detail dengan Jokowi. Terkait pesan untuk seseorang termasuk Putin, ia mengungkap Zelenskyy hanya akan berbicara secara terbuka.

Baca Juga: Giliran Warga Sukabumi yang Keberatan Beli Pertalite Lewat MyPertamina: Kenapa Masyarakat Kecil yang Dipersulit?

"Adapun terkait pesan, jika Presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya,” jelasnya.

Setelah adanya penjelasan dari Ukraina, netizen Indonesia langsung memberikan berbagai macam komentarnya.

Sejumlah tagar seperti ‘memalukan’, ‘ngibul’, dan ‘Jokowi’ diramaikan oleh warganet menanggapi hal tersebut, bahkan sempat menjadi trending Twitter.

Berikut beberapa cuitan netizen yang menggunakan tagar tersebut.

“Saat berbohong dijadikan kebiasaan. #ngibul #memalukan,” tulis @awanfajar****.

“Ngibulnya ga tanggung2 , Go International malu ga tuh? #Memalukan,” tanya @Tarir****.

“Satu orang bikin ulah satu negara menanggung malu #Memalukan,” pungkas @Hendra_****.

“Mencoba berbohong tingkat dunia, siapa tahu bisa jadi yg pertama kali berhasil. #Memalukan.kata @ErlanD****.

“kebohongan yg mendunia #memalukan,” tutur @octata***.

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini