Apa Itu ACT? Lembaga Kemanusiaan yang Viral di Twitter

Apa Itu ACT? Lembaga Kemanusiaan yang Viral di Twitter Kredit Foto: Istimewa

Aksi Cepat Tanggap (ACT) menjadi sorotan warganet hingga menjadi trending topic di Twitter saat artikel ini tayang, tepatnya pada tanggal 4 Juli 2022. Hal ini disebabkan lantaran majalah Tempo memberitakan dugaan penyelewengan donasi yang dilakukan oleh lembaga kemanusiaan ini.

Selain itu, mundurnya salah satu petinggi ACT, Ahyudin yang diisukan akibat krisis keuangan yang melanda ACT juga menjadi perbincangan yang hangat.

Apa Itu ACT?

Aksi Cepat Tanggap atau yang disingkat menjadi ACT merupakan sebuah organisasi nirlaba profesional yang bergerak dalam kegiatan tanggap darurat hingga program pemulihan pascabencana, pemberdayaan, dan pengembangan masyarakat.

Baca Juga: ACT Diduga Tilep Donasi Umat Buat Perkaya Diri, Murid Tertua Rizieq Shihab Ngoceh-ngoceh: Jangan Sampai….

Organisasi ini didirikan oleh Ahyudin dan rekan-rekannya pada tanggal 21 April 2005. ACT didukung oleh donatur publik dari masyarakat dengan kepedulian tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan.

Selain itu, terdapat juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan Corporate Social Responsibility (CSR).

Sebagai bagian dari akuntabilitas keuangannya ACT secara rutin memberikan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik kepada donatur dan pemangku kepentingan lainnya, serta mempublikasikannya melalui media massa.

Sejak tahun 2012, ACT telah mentransformasi dirinya menjadi sebuah lembaga kemanusiaan global dengan jangkauan aktivitas yang jauh lebih luas.

Pada skala lokal, ACT mengembangkan jejaring ke semua provinsi, baik dalam bentuk jaringan relawan dalam wadah MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) maupun dalam bentuk jaringan kantor cabang ACT.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini