Jabodetabek Kembali PPKM Level 2? Ini Beberapa Aturan Terbarunya!

Jabodetabek Kembali PPKM Level 2? Ini Beberapa Aturan Terbarunya! Kredit Foto: Republika

Jika sebelumnya wilayah Jabodetabek sudah berada di level 1, hari ini Pemerintah kembali menaikan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi level 2 untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Status level 2 mulai berlaku hari ini hingga 1 Agustus 2022 mendatang. 

"Yang penting masyarakat dengan adanya peningkatan Covid-19 kami minta masyarakat harus hati-hati lagi, lebih waspada lagi,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Status PPKM menjadi level 2 karena akhir-akhir ini meningkatnya kasus covid-19. Kasus covid-19 mencapai puncak pada tanggal 30 Juni 2022 yakni mencapai 2.200 kasus. Akibat meningkat, takut menimbulkan covid-19 gelombang 4, selain itu juga tingginya mutasi omicron B.A4 dan B.A5. 

Kendati demikian, Pemerintah menghimbau untuk tetap mentaati protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan dan harus disegerakan melakukan vaksinasi booster untuk meminimalisir penularan. 

Keputusan untuk menerapkan kembali PPKM Level 2 tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) Nomor 33 Tahun 2022 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 (dua) dan Level 1 (satu) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Jawa dan Bali.

Baca Juga: Wow! Seluruh Indonesia Sudah Level 1 PPKM, Kecuali Kabupaten Ini!

Lebih lanjut, ada beberapa aturan terbaru terkait status PPKM Level 2: 

  • Tetap Memakai Masker di Luar Rumah 

Gak bosan Pemerintah terus mengingatkan untuk tetap memakai masker di luar rumah. Apalagi saat ini, kebijakan sudah melonggar membuat banyak orang yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah dengan alasan sudah diperbolehkan melepas masker di ruang terbuka. Dan tidak diizinkan masyarakat keluar hanya menggunakan face shield tanpa menggunakan masker. 

Baca Juga: Hoaks, Tjahjo Kumolo Tidak Terbukti Meninggal Karena Vaksin Covid-19

  • Ketentuan WFO 75%

Pelaksanaan kegiatan pada sektor non-esensial diberlakukan maksimal 75% work from office (WFO) bagi pegawai yang sudah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja.

  • Makan di Tempat Maksimal 60 Menit 

Restoran/rumah makan, kafe, penjual kaki lima diizinkan buka sesuai dengan ketentuan yang berlaku yakni diperbolehkan buka hingga pukul 22.00 dengan protokol kesehatan yang ketat, kapasitas pengunjung maksimal 75%, dan waktu makan maksimal 60 menit.

  • Aturan Sholat Idul Adha 

Selanjutnya untuk sholat Idul Adha lebih baik untuk membawa alat sholat tersendiri dan tetap menjaga jarak. 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini