Shinzo Abe Meninggal Dunia, Berikut Beberapa Kerja Sama Yang Dilakukan Oleh Indonesia

Shinzo Abe Meninggal Dunia, Berikut Beberapa Kerja Sama Yang Dilakukan Oleh Indonesia Kredit Foto: Twitter/Jokowi

Kabar duka datang dari negara tetangga, Jepang. Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang ini ditembak pada hari ini, Jumat 08 Juli 2022. Shinzo Abe ditembak saat sedang berpidato di kampanye di kota Nara, Jepang barat. 

Dari kabar meninggalnya Shinzo Abe membuat semua orang berduka. PM terlama Jepang ini meninggalkan luka terdalam khususnya buat Indonesia yang beberapa kali pernah melakukan kerja sama bareng. Kerja sama yang dilakukannya mulai dari ekonomi hingga infrasty. Lalu, kerja sama apa yang pernah dilakukan oleh Indonesia - Jepang pada Era Shinzo Abe: 

Baca Juga: Presiden Jokowi Kenang Kematian Shinzo Abe: Beliau Berkontribusi Perkuat Kerja Sama RI-Jepang

  • Moda Roda Terpadu (MRT) 

Apakah Anda tahu kalau MRT yang ada saat ini merupakan kerja sama dengan Jepang? Pada saat PM Shinzo Abe, Indonesia melakukan kerja sama dalam bentuk infrastruktur dengan Jepang yakni proyek pembangunan MRT. Proyek MRT ini pun saat ini masih berjalan. 

Proyek MRT fase 1 sudah selesai sejak Maret 2019 dengan jurusan Lebak Bulus - Hotel Indonesia (HI). Dan saat ini sedang membangun proyek MRT Fase 2 serta kabar baiknya Jepang akan membantu mendanai (investasi) proyek MRT fase 2 dan fase 3. 

Menurut Indonesia, proyek pembangunan MRT adalah kerja sama terbaik dengan Jepang. 

  • Proyek Pelabuhan Patimban 

Selain MRT, proyek Pelabuhan Patimban adalah salah satu bentuk eratnya hubungan Indonesia dan Jepang. Proyek pembangunan pelabuhan tersebut yang dimulai Juli 2018 ditargetkan rampung pada 2027 akan melalui empat fase pengerjaan. 

tujuan kerja sama proyek pelabuhan Patimban adalah untuk meningkatkan kemampuan Pelabuhan Patimban dalam mengikuti pertumbuhan volume logistik yang signifikan di masa mendatang. Dan hingga kini pun proyek ini masih berjalan. 

  • Forum Maritim

Baca Juga: Shinzo Abe Meninggal Dunia, SBY: Beliau adalah Pemimpin Besar Jepang dan Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, menyepakati pembentukan forum maritim setelah kedua negara tersebut melakukan penandatanganan kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) di bidang pertahanan, perdagangan, dan promosi. 

Adapun tujuan dibentuknya Forum Maritim ini adalah untuk membangun alam berbagai kerja sama konkret bidang maritim Indonesia Jepang, dan juga memberikan sumbangan nyata bagi upaya menciptakan dan menjaga stabilitas, pertumbuhan ekonomi, perdamaian dan keamanan.

  • Proyek Kereta Semi Cepat

Dan ada proyek kereta semi cepat yang juga menjadi bagian kerja sama Indonesia - Jepang. Proyek kereta semi cepat Jakarta - Surabaya. Saat ini konsep kereta semi cepat sudah masuk finalisasi dan rencananya kajian akan berlangsung satu tahun atau maksimal dua tahun. Waktu pelaksanaannya akan berlangsung kurang lebih dua sampai empat tahun.

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini