Mantan Wapres Berduka Atas Meninggalnya Shinzo Abe, Jusuf Kalla Ungkap Kenangannya

Mantan Wapres Berduka Atas Meninggalnya Shinzo Abe, Jusuf Kalla Ungkap Kenangannya Kredit Foto: Istimewa

Wakil presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla menyampaikan ungkapan belasungkawa atas wafatnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe karena ditembak oleh seorang pria saat berkampanye di sekat Stasiun Yamatosaidaiji, Nara.

JK menganggap Shinzo Abe bukan hanya rekan kerja sebagai pemimpin negara, melainkan secara pribadi mereka memiliki hubungan persahabatan yang hangat.

"Saya sering bersama-sama dalam beberapa kali kegiatan konferensi internasional," kata JK di Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga: Shinzo Abe Meninggal Dunia, AHY Sebut ini Peristiwa Tragis dan Mengejutkan

Secara historis, JK memang memiliki hubungan kerja sama bisnis dengan Jepang. Saat mendampingi Joko Widodo sebagai Presiden di Kabinet Kerja, JK beberapa kali melakukan kunjungan kenegaraan saat Shinzo Abe menjabat sebagai PM Jepang.

Salah satu pertemuan dengan Shinzo Abe yang berkesan adalah saat JK menjadi pembicara pada Konferensi Kebencanaan PBB di Sendai, Jepang, pada tanggal 14 Maret 2015. Dalam konferensi itu, JK menyampaikan pidato yang menyerukan masyarakat internasional untuk membantu Jepang agar segera keluar dari dampak bencana alam tsunami Fukushima.

"Jepang adalah negara kaya dan modern. Akan tetapi, membantu Jepang adalah pertanda solidaritas dunia terhadap setiap negara yang dilanda bencana alam seperti Jepang," kata JK saat Konferensi itu.

Baca Juga: Kemenag Cabut Izin Ponpes Shiddiqiyyah, Gus Nadir: Langkah yang Tegas, Tapi...

Kepergian Shinzo Abe bagi Jusuf Kalla dirasakan sebagai kehilangan besar seorang tokoh Asiayang selama ini gigih memperjuangkan kerja sama, terutama ekonomi dan menjaga perdamaian kawasan.

Shinzo Abe adalah politikus Jepang yang pernah menjabat sebagai PM selama empat periode.

Baca Juga: Sudah Bikin Ulah, Abu Janda Masih Aman Saja Nih Ditangan Pendukung Anies! Sampai Segan Lho Laporin ke Polisi, Alasannya Menohok Banget

Dia ditembak saat sedang menyampaikan pidato politik di Nara, Jumat. Setelah mengalami luka tembak sebanyak dua kali dari belakang, Shinzo Abe dievakuasi secara medis dengan menggunakan helikopter ke rumah sakit setempat yang bekerja sama dengan Universitas Kedokteran Nara, Jepang.

Akibat luka tembak itu, Shinzo Abe mengalami gagal jantung yang menyebabkan dia meninggal dunia.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini