Siapa Itu PM Inggris Boris Johnson? Berikut Sepak Terjangnya

Siapa Itu PM Inggris Boris Johnson? Berikut Sepak Terjangnya Kredit Foto: Twitter/Boris Johnson

Berikut sepak terjang PM Inggris Boris JohnsonBoris Johnson yang menyatakan mengundurkan diri sebagai perdana menteri Inggris pada Kamis (7/7/2022), mengikuti seruan dari rekan-rekan menteri dan anggota parlemen di Partai Konservatif.

"Proses pemilihan pemimpin baru harus dimulai sekarang," kata Johnson di pintu Downing Street Nomor 10.

"Dan hari ini saya telah menunjuk sebuah kabinet untuk menjalankan tugas sampai pemimpin baru menjabat," katanya.

Sebelumnya, ia adalah pemimpin partai Konservatif, yang letaknya berada di kanan tengah spektrum politik dan menjadi partai politik tertua di Inggris. Pemilik nama lengkap Alexander Boris Johnson ini adalah warga negara Inggris, tetapi dirinya lahir di New York, Amerika Serikat pada 19 Juni 1964.

Ia diketahui pernah menempuh pendidikan di Eton College sebelum akhirnya melanjutkan studi di Universitas Oxford jurusan Literae Humaniores.

Baca Juga: Siapa Itu Shinzo Abe? Eks Perdana Menteri Jepang yang Tewas Ditembak di Hadapan Publik

Pernah Berkarier sebagai Jurnalis

Boris Johnson mengawali kariernya sebagai koresponden pada 1989. Tepatnya, setelah lulus dari Eton College dan Balliol College, Oxford. Pria ini lalu meneruskan kariernya sebagai penulis berita di The Times.

Ia kemudian naik jabatan sebagai assisten editor di The Daily Telegraph. Lanjut di tahun 1999, Boris Johnson diangkat menjadi editor, setelah pindah ke The Spectator.

Karier Politik

Sambil menjalani kariernya di bidang jurnalisme, Johnson juga mulai terlibat dalam politik.

Pada tahun 1997, ia terpilih sebagai kandidat Partai Konservatif untuk Anggota Parlemen daerah dalam pemilihan Clwyd South.

Meski gagal dalam kampanye ini dan kalah dari kandidat Partai Buruh, namun, pada tahun 2001 Johnson terpilih lagi sebagai kandidat Partai Konservatif dan menang menjadi Anggota Parlemen untuk daerah pemilihan Henley-on-Thames.

Pada saat ini, Johnson bisa dibilang sudah menjadi tokoh politik terkenal lantaran kerap tampil di televisi, kepribadiannya yang dianggap kikuk, dan memiliki banyak skandal publik.

Kemudian, pada tahun 2008, Johnson terpilih sebagai Walikota London dan mengundurkan diri dari perannya sebagai Anggota Parlemen.

Pada 2012, ia memenangkan masa jabatan periode kedua sebagai Walikota London.

Pada tahun 2015, saat masih menjabat sebagai Walikota London, Boris Johnson kembali ke House of Commons, tetapi kali ini sebagai Anggota Parlemen Uxbridge dan South Ruislip.

Hingga pada 2019 ia menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris hingga Kamis, 7 Juli 2022

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini