PMK Meningkat, Masyarakat Diminta Hindari Konsumsi Daging Bagian...

PMK Meningkat, Masyarakat Diminta Hindari Konsumsi Daging Bagian... Kredit Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Menyusul semakin maraknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang rata-rata menyerang sapi, Hari Raya Idul Adha akan ada pemotongan hewan kurban.  Pemerintah mengingatkan untuk Masyarakat waspada saat menerima pembagian daging hewan kurban untuk dikonsumsi.

Indonesiabaik.id mengingatkan wabah PMK pada sapi. Dia mengimbau masyarakat menghindari konsumsi daging bagian; mulut, lidah, bibir, seluruh bagian kaki dan seluruh bagian jeroan.

“Bagian di organ tubuh tersebut ada­lah bagian yang paling rawan terserang virus dan memiliki kolesterol tinggi,” ujarnya.

Menurutnya, Kementerian Pertanian (Kementan) menyebut virus PMK pada hewan ternak tidak menular ke manusia. Oleh karena itu, konsumsi daging pun masih terbilang aman.

“Kementan mengimbau kepada masyarakat tetap selektif mengkonsumsi daging” ujar Indonesiabaik.id dalam captionya.

Akun @PolresPati mengatakan, seben­tar lagi Hari Raya Kurban. Sebagai lang­kah antisipasi, untuk sementara waktu hindari konsumsi bagian tubuh hewan meliputi mulut, bibir, lidah bagian kaki dan jeroan.

“Daging dari ternak yang terkena PMK tetap aman di konsumsi dan halal. Tapi beberapa bagiannya ada yang nggak baik dikonsumsi, seperti mulut, jeroan dan kaki,” kata @kukangku.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Rakyat Merdeka.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover